Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepak Terjang Henry Kissinger, Diplomat Amerika Kontroversional yang Meninggal di Usia 100 Tahun

Profil mendiang Henry Kissinger, Diplomat AS kontroversial yang menggenggam Hadiah Nobel, meninggal di usia 100 tahun.
Mantan menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger meninggal dunia di usia 100 tahun./ Bloomberg
Mantan menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger meninggal dunia di usia 100 tahun./ Bloomberg

Heinz Alfred Kissinger lahir yang Furth, Jerman, pada 27 Mei 1923, pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada 1938 sebelum kampanye Nazi untuk memusnahkan orang-orang Yahudi Eropa.

Dengan mengganti namanya menjadi Henry, Kissinger menjadi warga negara AS yang dinaturalisasi pada 1943. Dia kemudian bertugas di Angkatan Darat di Eropa pada Perang Dunia Kedua, dan melanjutkan ke Universitas Harvard dengan beasiswa, memperoleh gelar master pada 1952 dan doktor pada 1954. Dia kemudian mengajar di fakultas Harvard selama 17 tahun kemudian.

Selama waktunya di Harvard, Kissinger menjabat sebagai konsultan untuk lembaga-lembaga pemerintah, termasuk pada 1967 ketika dia bertindak sebagai perantara Departemen Luar Negeri di Vietnam.  

Dia menggunakan koneksinya dengan pemerintahan Presiden Lyndon Johnson untuk menyampaikan informasi tentang negosiasi perdamaian kepada kubu Nixon.

Ketika janji Nixon untuk mengakhiri Perang Vietnam membuatnya memenangkan pemilihan presiden 1968, dia membawa Kissinger ke Gedung Putih sebagai penasihat keamanan nasional.

Namun proses “Vietnamisasi”, untuk mengalihkan beban perang dari setengah juta tentara AS ke Vietnam Selatan, berlangsung lama dan berdarah, diselingi oleh pemboman besar-besaran AS di Vietnam Utara, penambangan di pelabuhan-pelabuhan Utara, dan pemboman Kamboja.

Pada 1972 Kissinger mendeklarasikan bahwa “perdamaian sudah dekat” di Vietnam. Namun Perjanjian Damai Paris yang dicapai pada Januari 1973 tidak lebih dari sekadar pendahuluan pengambilalihan terakhir oleh Komunis di Selatan dua tahun kemudian.

Setahun kemudian, selain perannya sebagai penasihat keamanan nasional, Kissinger diangkat menjadi Menteri Luar Negeri dan memberinya wewenang yang tidak tertandingi dalam urusan luar negeri.

Konflik Arab-Israel yang semakin intensif mendorong Kissinger pada apa yang disebut misi "pesawat ulang-alik" pertamanya, sebuah bentuk diplomasi yang sangat pribadi dan bertekanan tinggi yang membuatnya terkenal.

Selama 32 hari yang dihabiskan untuk bolak-balik antara Yerusalem dan Damaskus membantu Kissinger menjalin perjanjian pelepasan yang bertahan lama antara Israel dan Suriah di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Dalam upaya untuk mengurangi pengaruh Soviet, Kissinger menghubungi saingan utama komunisnya, China, dan melakukan dua perjalanan ke sana, termasuk perjalanan rahasia untuk bertemu dengan Perdana Menteri Zhou Enlai.  

Hasilnya adalah pertemuan puncak bersejarah Nixon di Beijing dengan Ketua Mao Zedong dan akhirnya formalisasi hubungan antara kedua negara.

Selanjutnya, Kissinger terus menjabat sebagai menteri luar negeri ketika Ford mulai menjabat pada musim panas 1974. Namun Ford menggantikannya sebagai penasihat keamanan nasional dalam upaya untuk mengubah posisinya setelah mendengar lebih banyak suara mengenai kebijakan luar negeri.

Belakangan pada tahun itu, Kissinger pergi bersama Ford ke Vladivostok di Uni Soviet, di mana presiden bertemu dengan pemimpin Soviet Leonid Brezhnev dan menyetujui kerangka dasar pakta senjata strategis.  

Perjanjian tersebut mengakhiri upaya Kissinger dalam meredakan ketegangan yang meredakan ketegangan AS-Soviet.

Namun keterampilan diplomatis Kissinger ada batasnya.  Pada 1975, dia disalahkan karena gagal membujuk Israel dan Mesir untuk menyetujui pelepasan tahap kedua di Sinai.

Lalu dalam Perang India-Pakistan pada 1971, Nixon dan Kissinger dikritik habis-habisan karena condong ke arah Pakistan. Kissinger terdengar menyebut orang-orang India itu sebagai "bajingan", sebuah pernyataan yang kemudian dia sesali.

Seperti Nixon, dia khawatir akan penyebaran ide-ide sayap kiri di belahan bumi Barat, dan tindakannya bisa jadi menimbulkan kecurigaan mendalam terhadap Washington di mata banyak orang Amerika Latin pada tahun-tahun mendatang.

Pada 1970 dia bersekongkol dengan CIA mengenai cara terbaik untuk menggoyahkan dan menggulingkan Presiden Chili, Salvador Allende, yang beraliran Marxis namun terpilih secara demokratis, sementara dia mengatakan dalam sebuah memo setelah kudeta berdarah di Argentina pada 1976 bahwa diktator militer harus didukung.

Ketika Ford kalah dari Jimmy Carter, seorang dari partai Demokrat, pada 1976, hari-hari Kissinger dalam kekuasaan pemerintah sebagian besar telah berakhir. Anggota Partai Republik berikutnya di Gedung Putih, Ronald Reagan, menjauhkan diri dari Kissinger, yang menurutnya tidak sejalan dengan konstituen konservatifnya.

Setelah meninggalkan pemerintahan, Kissinger mendirikan perusahaan konsultan berbiaya tinggi dan berkuasa di New York, yang menawarkan nasihat kepada elit korporasi dunia.  

Dia bertugas di dewan perusahaan dan berbagai forum kebijakan luar negeri dan keamanan, menulis buku, dan menjadi komentator media reguler mengenai urusan internasional.

Setelah serangan 11 September 2001, Presiden George W. Bush memilih Kissinger untuk memimpin komite investigasi.  Namun protes dari Partai Demokrat yang melihat adanya konflik kepentingan dengan banyak klien perusahaan konsultannya memaksa Kissinger mundur dari jabatannya.

Dia juga pernah bercerai dari istri pertamanya, Ann Fleischer, pada 1964. Dia kemudian menikah dengan Nancy Maginnes, seorang ajudan Gubernur New York Nelson Rockefeller, pada 1974. Dia memiliki dua anak dari istri pertamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper