Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok di Balik Exodos57, Mantan Pengamen Pencipta Sepatu Vintage Paslon Ganjar Mahfud

Ganjar dan Mahfud MD menggunakan sepatu sneakers bot dari jenama lokal Exodos57.
Ganjar dan Mahfud MD menggunakan produk Exodos57/Instagram
Ganjar dan Mahfud MD menggunakan produk Exodos57/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengenakan produk serba lokal dari badan hingga ujung kaki, termasuk sepatu yang dikenakan Ganjar Pranowo. 

Berbeda dari penampilan dua paslon lainnya, Ganjar terlihat mengenakan jaket bomber bergaya militer ala film "Top Gun", yang kemudian diplesetkan oleh Ganjar menjadi "Top Gan", juga menggunakan sepatu sneaker bot lokal. 

Pakaian yang dikenakan keduanya menyesuaikan dengan tema debat "Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik". 

Ganjar terpantau menggunakan sepatu sneakers bot dari jenama lokal Exodos57. Senada dengan jaketnya, sepatu tersebut bergaya vintage, biasa digunakan oleh para pecinta motor. 

Sepatunya mengusung gaya vintage militer, dengan memadukan bahan kulit, kanvas dan tenun yang membuatnya terkesan berkelas dan tetap cocok dipakai di era modern.

Tak lupa, Ganjar menambahkan akset patch di atas sepatunya, dengan slogan dan juga program-program kerja yang diusung sebagai Calon Presiden.  

Di balik merek sepatu lokal asal Bandung tersebut, ada nama Gally Magido Rangga. Merupakan seorang mantan pengamen yang pernah memukau Presiden Joko Widodo hingga diundang ke Istana Bogor pada 2018 silam. 

Mengutip berbagai sumber, Gally mendirikan Exodos pada 2016 yang namanya diambil dari bahasa Yunani Kuno yang artinya jalan keluar, dan angka '5' artinya anugerah dan '7' artinya kesempurnaan. 

 Nama tersebut diambil dari pengalaman dan cerita hidupnya yang sempat menjadi hidup di jalanan dan menjadi pengamen, hingga tergabung dalam Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ). 

Dia memulai bisnis sepatunya dengan midal mulai dari Rp5 juta, berbekal pinjaman ke teman untuk membeli bahan baku dan untuk menggaji karyawan. 

Namun, dengan desainnya yang unik, terlihat gagah dan cocok dipadukan dengan pakaian formal sekalipun, membuat permintaan untuk sepatu Exodos57 begitu tinggi. 

Setahun pertama, Exodos57 kebanjiran pesanan hingga 1.300-1.500 pasang per bulan dengan harga sepatu mulai dari Rp595.000 - Rp1,2 juta. 

Desainnya juga dilirik oleh sejumlah pejabat Indonesia mulai dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno, eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Presiden RI Joko Widodo. 

Tak ketinggalan, sepatunya kini juga diapresiasi dan digunakan oleh paslon presiden dan wakil presiden nomor 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam debat capres, Minggu (7/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper