Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 10 Keterampilan Freelancing Paling Dicari Tahun 2024

Asah keterampilan berikut ini dan jadi freelancer paling dicari di 2024
Simak 10 Keterampilan Freelancing Paling Dicari Tahun 2024/
Simak 10 Keterampilan Freelancing Paling Dicari Tahun 2024/

6. Keterampilan keamanan siber

Pelanggaran atau pencurian data adalah mimpi buruk bagi sebuah bisnis. Dalam hal ini, pakar keamanan lepas adalah pahlawannya.

Asah keterampilan Anda dalam keamanan siber, pengujian penetrasi, dan perlindungan data untuk menjadi "malaikat pelindung" yang bisa menjaga brankas digital klien aman dari bahaya.

7. Keterampilan Manajemen Proyek

Mengelola banyak proyek, mengelola tenggat waktu, dan berkomunikasi dengan klien adalah beberapa tindakan yang membuat manajer proyek yang terampil sangat berharga.

Kuasai alat seperti Asana dan Trello dan jadilah maestro yang dapat menjaga proyek tetap pada jalurnya, anggaran tetap terkendali, dan klien pun senang.

8. Keterampilan Produksi dan Pengeditan Video

Konten video saat ini jadi raja terutama dalam pemasaran produk. Oleh karena itu, videografer serta editor terampil sangat diminati.

Pelajari seni bercerita melalui video, mulai dari pembuatan naskah dan pengambilan gambar hingga pengeditan dan pasca produksi.

Menjadi kreator visual yang bisa mengubah rekaman mentah menjadi narasi menawan yang menarik dan menginspirasi akan sangat penting dan diminati.

9. Keterampilan E-Commerce

Pertumbuhan e-commerce belum menunjukkan tanda-tanda melambat, sehingga keahlian freelance di bidang ini bisa menjadi kunci kesuksesan.

Pelajari seluk beluk membangun dan mengoptimalkan toko online, mulai dari fotografi produk dan SEO hingga pemasaran dan layanan pelanggan.

Kemampuan untuk menciptakan pengalaman belanja online yang lancar dan aman sangatlah berharga. Pengetahuan tentang platform populer seperti Shopify, WooCommerce, dan Magento, ditambah dengan keahlian dalam respons seluler dan pengalaman pengguna, menjadikan ini keterampilan lepas yang dicari pada 2024.

10. SEO

Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi keterampilan penting bagi para pekerja lepas, dan terus mendominasi pada 2024. 

Dengan semakin pintarnya mesin pencari, permintaan akan pakar SEO yang dapat menavigasi seluk-beluk algoritme menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.  

Tetap mengikuti perkembangan tren SEO terkini, menguasai riset kata kunci, dan memahami SEO teknis tidak hanya akan sangat berharga bagi strategi pemasaran Anda, tetapi juga akan menyiapkan Anda untuk sukses di pasar online yang begitu ramai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper