Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Modal Bisnis 10 Minuman Boba dan Es Krim yang Lebih Murah dari Mixue, Bakal Laris Jelang Ramadan

Modal franchise minuman boba dan es krim, cocok menjelang Ramadan
Minuman kekinian dengan boba-boba.
Minuman kekinian dengan boba-boba.

Bisnis.com, JAKARTA -- Minuman manis seperti boba dan es krim selalu punya penggemar di Indonesia. Terutama menjelang Ramadan di mana orang akan berbondong-bondong memburu minuman manis dan segar untuk berbuka puasa. 

Tren ini bisa menjadi peluang bisnis tersendiri, salah satunya dengan membuka bisnis minuman boba dan es krim menjelang bulan ramadan.

Beberapa merek sudah begitu terkenal dan tersebar di mana-mana, salah satunya Mixue. Meskipun begitu populer, membuka usaha Mixue memerlukan modal yang cukup besar, antara Rp700 juta - Rp800 juta.

Untuk itu, jika tertarik membuka bisnis minuman boba dan es krim dengan modal yang lebih ramah di kantong, simak ulasan cara dan harga franchise 10 waralaba minuman boba dan es krim berikut ini:

1. Xiyue

Xiyue merupakan merek milik PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) yang juga menaungi sejumlah produk minuman lainnya seperti Xi Boba, Ela! Greek Doughnuts, Slim Bowl, Absolutea dan lain-lain. 

Berpengalaman dengan bisnis makanan dan minuman, MBV Group meluncurkan Xiyue pada Mei 2023. Nama Xiyue sendiri diambil dari bahasa Mandarin yang artinya kebahagiaan. 

Saat ini Xiyue memiliki hampir 100 outlet, dengan menawarkan produk es krim dan minuman segar yang seluruh bahan-bahannya diambil dari produk lokal dan sudah mendapat sertifikasi halal. 

Untuk mengikuti waralaba brand ini, Xiyue menawarkan beberapa paket franchise mulai dari harga Rp400 juta-an. 

Adapun, untuk mengetahui persyaratan lengkap dan perincian paket kemitraan bisa menghubungi admin melalui media sosial Instagram Xiyue (@xiyue.indonesia) dan menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di bio. 

2. WEDRINK

WEDRINK merupakan merek minuman manis dan es krim di bawah Runxiang Catering Company. Spesialisasi produknya antara lain adalah es krim segar, teh, kopi, jus dan lainnya yang dapat dinikmati mulai dari harga Rp8.000. 

Saat ini, WEDRINK telah membuka lebih dari 3.000 outlet di seluruh dunia. Adapun, di Indonesia brand minuman ini telah membuka beberapa cabang di Jakarta, antara lain di Kelapa Gading dan PIK (Pantai Indah Kapuk).

Untuk bisa membuka outlet WEDRINK, bisa dengan mengakses laman wedrinkrx.com dan menghubungi nomor yang tertera dalam website atau dengan mengisi formulir dalam website tersebut. 

Adapun, WEDRINK menawarkan sejumlah paket kemitraan mulai dari harga Rp330 juta hingga Rp400 juta. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya lokasi dan renovasi.

3. Momoyo

Mengutip laman resmi Momoyo, merek minuman satu ini beroperasi di bawha PT Junylife yang berdiri pada 2022. Sampai saat ini Momoyo telah memiliki sekitar 300 toko yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Tak hanya di Indonesia, Momoyo juga memiliki cabang di beberap anegara lain seperti di Filipina dan Malaysia. Toko ini memiliki spesialisasi menu es krip bertema tropikal, dengan rasa mangga, es krim boba, dan teh buah jumbo dengan harga terjangkau. 

Untuk bisa membuka franchise Momoyo, bisa dengan melihat persyaratannya di website momoyodrink.com. Adapun, harga franchise yang ditawarkan mulai dari Rp 377 juta. Harga tersebut sudah termasuk deposit Rp40 juta, yang nantinya akan dikembalikan.

4. Cooler City

Brand lainnya yang berasal dari China adalah Cooler City,  sub-merek dari Zhejiang BODUO Food Technology Co., Ltd, yang memiliki spesialisasi menu teh susu dan juga es krim. Namun, ada pula seri menu lainnya seperti teh buah, kopi, dan yogurt. 

Cooler City membuka peluang bagi yang ingin berbisnis es krim dan teh ini. Mengutio laman resminya, Cooler City mematok harga franchise berbeda-beda untuk setiap daerah, mulai dari Rp260 juta- Rp265 juta.  Biaya tersebut mencakup biaya survei, manajemen per tahun, deposit, pelatihan, bahan, sampai peralatan.

5. Ai-CHA

Mengutip laman resminya, Ai-CHA didirikan pada 2019 oleh Lie bersaudara dan berhasil membuka gerai pertama di Indonesia pada Agustus 2022.

Nama Ai-CHA sendiri berasal dari gabungan karakter China di mana Ai artinya "suka" dan Cha artinya "teh". Merek “Ai-Cha” secara teknis berarti membagikan kecintaan terhadap teh dengan sepenuh hati. 

Ai-CHA memiliki banyak outlet di beberapa provinsi di Indonesia dengan menu spesialisasi seperti es krim, teh buah, teh original, dan teh susu. 

Mengutip informasi dari Ai-CHA Official Indonesia biaya membuka franchise Ai-CHA akan memakan biaya mulai dari Rp297 juta hingga Rp293 juta. Kisaran biaya tersebut bervariasi bergantung dari lokasi daerah.

Adapun,  jika memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait persyaratan dan harga, juga  bertanya lebih lanjut Anda dapat menghubungi WhatsApp Ai-CHA Official Indonesia di +6281212348735 atau dengan mengunjungi laman resmi Ai-CHA di ai-chafood.com

6. Teman Ice Cream & Tea

Teman Ice Cream and Tea, merupakan brand lokal milik PT Berjaya Makmur Indotama. Berbeda dari yang lain di mana para mitra umumnya diharuskan mengikuti menu yang sudah disediakan, Teman Ice Cream & Tea membebaskan mitra untuk menyajikan inovasi menu dan membawa keunikan sendiri di outlet mereka. 

Untuk menu umumnya, Teman Ice Cream and Tea menawarkan es krim dan teh, dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp8.000 untuk es krim sampai Rp30.000 untuk makanan. 

Adapun, brand ini membuka paket harga dari Rp164 juta hingga Rp481 juta tergantung pada paket dan besaran outlet yng dipilih. Keuntungan lainnya adalah dengan harga tersebut, mitra tidak perlu membayar biaya royalti.

7. Cinta Sejatea

Cinta Sejatea juga merupakan salah satu brand lokal yang mengembangkan bisnis lain seperti Warteg Bahari. Sejenis dengan yang lainnya, brand ini menawarkan minuman dan es krim dengan harga terjangkau, mulai dari Rp8.000. 

Untuk bergabung menjadi mitra Cinta Sejatea, terdapat beberapa paket kemitraan, daru yang kecil, sedang, besar, dan premium. Adapun, harganya mulai dari Rp255,3 juta sampai dengan Rp777,3 juta. 

8. Bingxue

Merek teh dan es krim asal China, yang berafiliasi dengan Jinan Baodao Enterprise Management Consulting Co., Ltd., Bingxue telah berdiri sejak 2014 dan terkenal dengan minuman kelapa dan es krimnya. 

Di China, Bingxue sudah memiliki toko di 31 provinsi dan kota termasuk Shandong, Hebei, Henan, Shanxi, Shanxi, Mongolia Dalam, Liaoning, Hubei, Hainan dan Xinjiang dan pada akhir 2022, jumlah toko Bingxue di seluruh dunia telah melampaui 3.000. 

Di Indonesia, merek ini masuk pada Februari 2023 dan membuka outlet pertamanya pada Juni 2023. Bingxue menargetkan tahun ini bisa membuka 500 toko baru. 

Untuk yang ingin berbisnis waralaba Bingxue, calon mitra bisa menyiapkan modal mulai dari Rp 250 juta sampai dengan Rp275 juta. 

9. Xie Xie Boba

Xie Xie Boba adalah salah satu merek teh dan es krim lokal yang menawarkan kemitraan dengan harga terjangkau. 

Mengutip laman resminya, Xie Xie Boba mulai membuka sistem kemitraan sejak 2019. Sejak saat itu Xie Xie Boba terbukti mampu bersaing dengan brand minuman besar dan mampu masuk dalam pasar brand-brand besar di mall.

Tak sampai berpuluh-puluh juta, Xie Xie Boba menawarkan beberapa paket kemitraan mulai dari harga Rp10,9 juta dan menjanjikan balik modal hanya dalam 1,5 bulan. 

Adapun, biaya yang sudah dibayarkan tersebut mencakup biaya booth, peralatan, kemasan jualan, dan bahan baku. Mitra juga akan mendapatkan keuntungan 100% karena tidak menggunakan sistem bagi hasil.

10.Bube Indonesia

Berdiri sejak 2019, Bube merupakan brand asli Indonesia yan dirintis oleh selebriti Inara Rusli. Bube hadir dengan harga menu yang terjangkau, mulai dari Rp5.000, dengan spesialisasi mulai dari es krim, boba, teh susu, coklat, hingga kopi. 

Saat ini BUBE telah tersebar di lebih dari 50 titik di Jabodetabek, Medan, Batam, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Purwakarta.

Untuk bisa membuka outlet Bube, calon mitra perlu menyiapkan dana mulai dari Rp150 juta untuk 3 tahun. Modal tersebut mencakup peralatan produksi, POS atau sistem kasir, marketing, dan training. 

Selain itu, Bube juga tidak mematok biaya royalti, sehingga keuntungan bisa didapatkan 100% oleh mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper