Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harta Kekayaan Tembus US$80 miliar, Ini Deretan Wanita Terkaya di Dunia

Deretan wanita terkaya di dunia, harta kekayaan tembus hingga US$80 miliar
Francoise Bettencourt Meyers
Francoise Bettencourt Meyers

Bisnis.com, JAKARTA – Orang terkaya di dunia tidak hanya dipegang oleh deretan pria saja, namun sejumlah wanita juga memiliki andil dalam daftar tersebut. Bahkan, di antara jejeran wanita terkaya di dunia memiliki kekayaan bersih lebih dari US$80 miliar.

Mereka mempunyai geliat usaha yang telah dikenal secara luas di berbagai dunia. Melansir dari Forbes, wanita terkaya ini menguasai populasi deretan miliarder sebanyak 13% di tahun 2023, meningkat 1% dibandingkan tahun 2022.

Lantas siapa saja wanita terkaya di dunia versi majalah bisnis amerika tersebut? Simak pembahasannya pada artikel ini.

1. Francoise Bettencourt Meyers & Keluarga

Siapa yang tidak kenal dengan brand kosmetik, L’Oreal. Brand ini sangat diminati di pasar internasional. Saat ini brand itu diwariskan ke Francoise Bettencourt yang berhasil memegang gelar wanita terkaya di dunia selama tiga tahun berturut-turut. Dia mampu mendongkrak penjualan sampai 12%.

Francoise mempunyai kekayaan bersih US$80,5 miliar di usia 69 tahun. Pewaris brand asal Prancis ini pernah menjanjikan US$230 juta untuk rekonstruksi Katedral Notre Dame.

2. Julia Koch & Keluarga

Di usia 60 tahun, Julia mempunyai saldo rekening US$59 miliar. Dia melanjutkan bisnis Koch Industries yang merupakan perusahaan mendiang suaminya, David Koch. Perusahaan ini pernah menyumbangkan US$1,8 miliar untuk bantuan di beberapa sektor, seperti kemiskinan, pendidikan, dan orang-orang yang terjerat masalah pidana.

3. Aliice Walton

Mewarisi usaha Walmart dari ayahnya, Alice mengantongi kekayaan bersih US$56,7 miliar di usia 73 tahun. Keluarga ini sangat terkenal di negara bagian Arkansas karena telah membuka Museum Seni Amerika Crystal Bridges yang menampilkan karya-karya seperti Warhol, Rockwell, dan Rothko.

4. Jacqueline Mars

Jacqueline bersama saudara laki-lakinya memiliki sepertiga saham permen dan makanan hewan dari perusahaan multinasional Mars Inc., yang memproduksi salah satu brand permen M&M’s. Jacqueline mempunyai total kekayaan bersih US$38,3 miliar.

5. Miriam Adelson & Keluarga

Miriam merupakan pemegang saham mayoritas Las Vegas Sand, operator kasino terbesar di dunia. Saham tersebut diperoleh dari mendiang suaminya yang merupakan petinggi Partai Republik Sheldon Adelson. Miriam memiliki total kekayaan hingga US$35 miliar di umur 77 tahun.

6. Susanne Klatten

Susanne memiliki 19% saham produsen mobil BMW. Dia juga lulusan ekonomi dengan gelar MBA yang turut memegang kendali perusahaan kimia bernama Istana yang didirikan oleh kakeknya. Susanne memiliki kekayaan bersih hingga US$27,4 miliar.

7. MacKenzie Scott

MacKenzie merupakan mantan istri Jeff Bezos. Dia mewarisi 4% saham Amazon dan telah menyumbangakna lebih dari US$14 miliar ke 1.600 badan amal. Dengan adanya warisan tersebut, dia memiliki total kekayaan bersih US$24,4 miliar.

8. Iris Fontbona & Keluarga

Iris berusia 80 tahun dan memiliki kekayaan bersih US$23,1 miliar, di mana bersumber dari perusahaan tambang dan minuman. Iris merupakan bos dari perusahaan Antofagasta plc, sebuah perusahaan tambang di Chile. Perusahaan itu juga memiliki beberapa persen saham pada perusahaan manufaktur, Quinenco. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper