Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rawan Terpapar Radiasi, Bisnis Plesir Luar Angkasa Jeff Bezos Dkk Ancam Kesehatan Turis

Bisnis plesir luar angkasa Jeff Bezos dkk disebut ancam kesehatan turis, ini sebabnya
Rawan Terpapar Radiasi, Bisnis Plesir Luar Angkasa Jeff Bezos Dkk Ancam Kesehatan Turis. Jeff Bezos/Bloomberg
Rawan Terpapar Radiasi, Bisnis Plesir Luar Angkasa Jeff Bezos Dkk Ancam Kesehatan Turis. Jeff Bezos/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Plesir luar angkasa yang dalam sedekade terakhir menjadi lapak bisnis taipan seperti Jeff Bezos dan Richard Branson dinilai rawan paparan radiasi matahari sehingga membahayakan kesehatan turis.

Regulasi penerbangan luar angkasa pun belum mengatur perihal tersebut.

Mengutip The Register, jurnal terbitan Space Policy menyoroti risiko dampak perubahan cuaca mendadak di luar angkasa yang menimbulkan radiasi angin matahari dari ion-ion berat dan inti atom.

“Radiasi itu akan berdampak signifikan terhadap kesehatan baik itu kru maupun penumpang,” tulis Space Policy, dikutip Bisnis, Selasa (12/3/2024).

Ada dua fenomena yang diwaspadai para ilmuwan. Pertama, peningkatan permukaan matahari atau ground level enhancement/GLE). Pada saat fenomena ini terjadi, partikel bermuatan dari matahari memiliki cukup energi untuk sampai ke permukaan bumi.

Kedua, solar particle event (SPE). Yakni, fenomena ketika partikel yang dipancarkan matahari kebanyakan adalah proton bergerak lebih cepat akibat dorongan atmosfer atau karena lontaran kejutan massa koronal.

Menurut makalah terbitan Unversity of Surrey, paparan radiasi tingkat tinggi dari kedua fenomena ini telah mendapat perhatian khusus dari Badan Perlindungan Kesehatan Inggris atau UK Health Protection Agency.

“Terutama, menyoal dampak kerusakannya terhadap DNA yang dapat menyebabkan mutasi, hingga pembelahan sel yang tidak terkendali,” tulis makalah tersebut.

Sementara itu, Jeff Bezos dkk. sebagai pelaku industri wisata luar angkasa belum menyadari risiko radiasi ini terhadap konsumen mereka. Bahkan, peneliti Unversity of Surrey menyebut penerbangan itu hanya mengandalkan persetujuan yang tidak lengkap.

Studi itu berpendapat bahwa peraturan penerbangan luar angkasa yang ada hanya berlaku untuk awak penerbangan luar angkasa, bukan penumpang komersil.

Sedangkan bagi turis, ketentuan terkait masih dalam tahap penyesuaian dengan kondisi industri baru ini.

Dengan demikian, diperlukan masukan lebih lanjut dalam peraturan pada masa mendatang mengingat undang-undang perlindungan terhadap radiasi dan penilaian risiko terkait dengan wisata luar angkasa masih belum ada.

Salah satu regulasi yang berpotensi diterapkan untuk pariwisata luar angkasa adalah UK Air Navigation Order (ANO). Saat ini, aturan tersebut menetapkan batasan paparan radiasi kosmik bagi kru pesawat luar angka paling lama satu tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper