Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

Setelah libur lebaran, biasanya Anda menjadi kurang semangat bekerja, ini tips agar tetap bersemangat
Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran/Thefiscaltime
Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran/Thefiscaltime

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melakukan libur lebaran, semangat untuk bekerja kerap kali menurun karena rasa lelah yang telah menyelimuti tubuh.

Akibatnya rutinitas yang ingin dilakukan hanyalah beristirahat dan sulit untuk memulai aktivitas yang produktif.

Belum lagi harus membersihkan pakaian kotor yang telah digunakan selama perjalanan mudik. Tak hanya itu, kondisi rumah yang berdebu pastinya harus dibersihkan agar dapat ditempati dengan nyaman. Hal ini membuat rasa malas kembali bekerja sangat besar.

Dilansir Medical News Today, kondisi ini dinamai Post Vacation atau depresi pasca liburan, di mana seseorang merasa gelisah, depresi, hingga malas untuk kembali beraktivitas setelah melakukan liburan panjang. Terlebih, ketika mengingat tuntutan pekerjaan yang begitu banyak untuk diselesaikan.

Namun, rasa malas itu harus disingkirkan secara cepat karena pekerjaan adalah kewajiban yang harus dilakukan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tubuh perlu beradaptasi dengan cepat setelah liburan agar aktivitas kembali produktif dan semangat dalam bekerja.

Berikut tips untuk mengembalikan semangat kerja setelah libur lebaran.

1. Segera Beristirahat

Sesampainya di rumah, segera istirahat kan tubuh setelah melakukan perjalanan dan liburan yang cukup panjang. Usahakan untuk mengurangi aktivitas yang dirasa tidak penting yang justru bisa digunakan untuk beristirahat. Dengan beristirahat secara maksimal, tubuh kembali bugar dan mampu mengurangi beban strees ketika bekerja, sehingga semangat kerja secara bertahap mulai terbangun dan tubuh mulai beradaptasi dengan aktivitas yang produktif.

2. Merapihkan Meja Kerja

Salah satu cara beradaptasi untuk kembali bekerja adalah merapihkan meja kerja yang mungkin berantakan atau sekadar membersihkannya dari debu yang hinggap. Meja kerja yang rapih dan bersih memberikan visual yang nyaman untuk dilihat dan merupakan segilintir kegiatan agar membangkitkan semangat kerja. Ini juga jadi langkah kecil meredakan stress selama bekerja.

3. Lakukan Obrolan Ringan Bersama Teman

Tidak ada salahnya menyapa dan berkomunikasi dengan teman di kantor atau sahabat dekat. Obrolan bisa dimulai dengan bertukar cerita selama liburan atau perjalanan mudik itu sendiri. Selain menghilangkan ketegangan ketika harus kembali kerja, cara ini menciptakan ketenangan dalam pikiran agar stress yang melanda dapat hilang secara perlahan.

4. Tulis Rencana Kerja

Menuliskan rencana kerja membantu aktivitas menjadi lebih rapih dan terstruktur. Walaupun cara ini berat untuk dilakukan, setidaknya lewat rencana ini beberapa tugas sudah bisa diketahui dan dimulai untuk diselesaikan. Selain itu, menulis rencana kerja membantu menuangkan masalah-masalah yang membebani pikiran.

5. Membeli Makanan atau Minuman Favorit

Sebelum memulai pekerjaan, tidak ada salahnya meluangkan waktu sebentar untuk membeli dan menyantap makanan atau minuman favorit Anda. Cara ini jadi langkah kecil meningkatkan semangat dan fokus selama bekerja.

6. Tuntaskan Pekerjaan yang Lebih Mudah

Ketika kembali ke kantor, berbagai pekerjaan sudah menumpuk dan harus diselesaikan secepatnya. Untuk mulai beradaptasi serta tidak membuat pikiran tertekan, Anda bisa memulai pekerjaan secara bertahap dengan mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah untuk diselesaikan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler