Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Taipan di Industri Media dan Hiburan, Pemilik Reuters Nomor 1 Punya Rp1.088 Triliun

David Thomson tempati posisi pertama orang terkaya di industri media dan hiburan dengan kekayaan US$67 miliar atau setara dengan Rp1088,91 triliun.
Deretan Taipan di Industri Media dan Hiburan, Pemilik Reuters Nomor 1 Punya Rp1.088 Triliun/reuters
Deretan Taipan di Industri Media dan Hiburan, Pemilik Reuters Nomor 1 Punya Rp1.088 Triliun/reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Media dan hiburan adalah industri besar dengan banyak sektor, antara lain media sosial, film, musik, televisi, dan periklanan, yang turut menghasilkan sederet miliarder terkaya di dunia.

Selama lockdown akibat Covid-19, industri media dan hiburan mengalami peningkatan. Namun, keadaan mulai berubah pascapandemi.

Pendapatan hiburan dan media global hanya meningkat sebesar 5,4% pada tahun 2022 dibandingkan dengan pertumbuhan sebesar 10,6% pada tahun 2021. 

Menurut laporan PwC, pendapatan industri hiburan dan media global akan menurun secara berurutan dalam lima tahun ke depan. Pendapatan untuk 2027 diperkirakan hanya tumbuh 2,8% dari 2026.

Untuk mendorong pertumbuhan, perusahaan-perusahaan di bidang media dan hiburan mencoba memasuki wilayah dan pasar baru. Periklanan salah satunya, yang menjadi bidang utama pertumbuhan dan AI juga menjadi tren utama di industri ini karena raksasa media menginvestasikan sejumlah besar uang dalam teknologi ini.  

Di samping itu semua, industri media dan hiburan global tetaplah menjadi salah satu pasar terpenting di dunia, yang pada qkhirnya bisa memberikan keuntungan besar bagi mereka yang berhasil bertahan dan berinovasi, hingga bisa menghasilkan miliarder.

Berikut ini adalah 20 miliarder terkaya di industri media dan hiburan:

20. Jason Jiang

Kekayaan Bersih: US$4 Miliar

Jason Jiang mendirikan perusahaan periklanan luar ruang, Focus Media Information Technology Co., Ltd. Jason Jiang adalah ketua dan CEO perusahaan.

19. Stefan von Holtzbrinck

Kekayaan Bersih: US$4,1 Miliar

Stefan von Holtzbrinck mewarisi saham di perusahaan Jerman, Holtzbrinck Publishing Group. Pada 2006, Stefan von Holtzbrinck menjual sahamnya kepada saudara-saudaranya. Stefan von Holtzbrinck menempati peringkat ke-19 di antara miliarder terkaya di industri media dan hiburan.

18. Barry Diller

Kekayaan Bersih: US$4,2 Miliar

Barry Diller mendirikan perusahaan Internet dan media, IAC Inc. Diller adalah ketua raksasa perjalanan online, Expedia Group, Inc. Barry Diller memiliki kekayaan bersih sekitar US$4,2 miliar.

17. Isaac Perlmutter

Kekayaan Bersih: US$4,4 Miliar

Isaac Perlmutter membawa merek Marvel ke tingkat yang lebih tinggi. Pada tahun 2009, Perlmutter menjual sebagian besar saham Marvel ke The Walt Disney Company seharga US$4 miliar. Isaac Perlmutter memiliki kekayaan bersih sekitar US$4,4 miliar dan termasuk di antara miliarder terkaya di industri media dan hiburan.

16. Jeff T. Green

Kekayaan Bersih: US$4,7 Miliar

Jeff T. Green adalah CEO dan ketua perusahaan teknologi periklanan, The Trade Desk, Inc. Jeff T. Green memiliki kekayaan bersih sekitar US$4,7 miliar.

15. Steven Spielberg

Kekayaan Bersih: US$4,8 Miliar

Steven Spielberg ikut mendirikan studio DreamWorks dan merupakan nama terkenal yang menyutradarai film seperti 'Jaws' dan 'Jurassic Park.' Dengan kekayaan bersih sekitar US$4,8 miliar, Steven Spielberg menempati peringkat ke-15 di antara miliarder terkaya di industri media dan hiburan.

14. Charles Dolan

Kekayaan Bersih: US$5,1 Miliar

Charles Dolan mendirikan Cablevision Systems Corporation pada tahun 1973 dan menjual perusahaan tersebut ke Altice USA, Inc. seharga US$17,7 miliar pada 2016. Dolan dan anak-anaknya memiliki saham pengendali di perusahaan hiburan termasuk AMC Networks dan Madison Square Garden Sports Corp.

13. Mark Cuban

Kekayaan Bersih: US$5,4 Miliar

Mark Cuban ikut mendirikan portal video Broadcast.com pada 1995 dan menjual perusahaan tersebut ke Yahoo seharga US$5,7 miliar pada 1999. Mark Cuban memiliki kekayaan bersih sekitar US$5,4 miliar dan merupakan salah satu orang terkaya di industri media dan hiburan.

12. George Lucas

Kekayaan Bersih: US$5,5 Miliar

George Lucas mendirikan perusahaan pembuat film Lucasfilm dan terkenal karena menciptakan 'Star Wars'. Pada 2012, Lucas menjual perusahaan produksinya ke The Walt Disney Company seharga US$4,1 miliar.

11. Clive Calder

Kekayaan Bersih: US$5,7 Miliar

Clive Calder menjadi miliarder pada 2002 ketika dia menjual perusahaan musiknya, Zomba Group, kepada raksasa media Jerman Bertelsmann SE & Co. KGaA seharga US$2,7 miliar. Clive Calder memiliki kekayaan bersih sekitar US$5,7 miliar dan termasuk di antara miliarder terkaya di industri media dan hiburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper