Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Membangun Reputasi Toko di Tokopedia

Reputasi toko atau merchant yang baik memperbesar peluang bagi pembeli untuk berbelanja.
Pekerja melakukan perawatan videotron yang menampilkan iklan Tokopedia di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja melakukan perawatan videotron yang menampilkan iklan Tokopedia di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, SURABAYA -- Membangun reputasi toko atau merchant di Tokopedia menjadi salah satu aspek penting untuk meningkatkan kepercayaan pembeli. Pasalnya, reputasi toko yang baik memperbesar peluang bagi pembeli untuk berbelanja. 

Hal itu sejalan dengan kajian Tokopedia yang menyebutkan bahwa terdapat 3 toko idaman atau yang sering dikunjungi pembeli ketika berbelanja di Tokopedia. 

Pertama, toko yang memiliki lambang Pro. Toko dengan lambang Pro memiliki kredibilitas atau dapat dipercaya. Lebih dari 71% pembeli di Surabaya lebih yakin berbelanja jika toko minimal memiliki status PM/PM Pro.

Kedua, toko dengan logo Star atau bintang. Layanan toko berlogo bintang ini dinilai sudah cukup baik. Tokopedia menjelaskan 9 dari 10 toko di Surabaya mendapatkan ulasan bintang 5 untuk transaksi yang dipenuhinya.

Ketiga, toko yang menawarkan promosi menarik. Adapun, 3 fitur promosi yang paling ampuh menarik minat pembeli ialah TopAds, Kupon Toko Cashback, dan Diskon Toko.

Seller Education Tokopedia, Rahmat Arif Febriyanto mengatakan para seller perlu secara berkala melakukan evaluasi pada aktivitas penjualan online yang telah dilakukan. 

Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan ialah aktif membalas chat dari calon pembeli. Balasan chat itu, katanya, berisikan informasi yang persuasif, solutif sekaligus menyampaikan promosi yang ditawarkan. 

"Dalam chat bisa berisi informasi yang persuasif, solutif, edukatif dan menginformasi promosi yang sedang ditawarkan penjual," ujarnya di Surabaya, Rabu (15/5/2024). 

Rahmat menuturkan hal itu pada acara Upgrade Skill Bersama Tokopedia dan Tiktok di Surabaya, Rabu (15/5/2024). 

Kegiatan ini merupakan upaya pembekalan para seller guna meningkatkan kapasitas sekaligus kesempatan berbagi tips dan trik untuk memacu penjualan pelaku UMKM. 

3 Hal Penting Pendukung Reputasi Toko 


Tokopedia menyebutkan sedikitnya terdapat 3 hal penting untuk memastikan reputasi toko baik.  Tentunya reputasi toko tidak dapat dibangun dalam sekali klik karena butuh waktu dan konsistensi. 


1.  Menampilkan Trust Badge atau Jaminan Kepercayaan


Trust Badge adalah emblem atau simbol yang dapat ditampilkan di halaman toko sekaligus menjadi penanda bahwa toko seller dapat dipercaya dan berkualitas. 


Simbol trust badge itu berupa logo Pro, gambar mahkota dan gambar bebas ongkir. Khusus untuk Surabaya, populasi PM PRO masih tergolong kecil yakni di bawah 20%, tetapi PM PRO telah menjadi toko yang paling banyak mendapatkan pelanggan di Surabaya. 


2. Halaman Toko dan Produk Solutif


Halaman toko dan produk solutif menjadi wadah untuk menarik minat pembeli. Pembeli tentunya akan mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan atau menyelesaikan masalahnya. 


Untuk itu, ketika menjawab chat calon pembeli, seller perlu melakukannya dengan informatif, solutif, edukatif sambil menginfokan program penjualan.


Sebagai contoh ketika ditanya "Ready gak kak?" seller memiliki dua opsi menjawab dengan "Ready kak siap dibeli/silakan order," atau menjawab dengan lebih informatif seperti: 


"Ready kak, kita sedang ada promo paket diskon loh. Kalau kak beli 3 bisa dapat diskon 10%. Kak mau beli berapa?"


3. Dapat Melihat Ulasan Pembeli Sebelumnya


Ulasan pembeli menjadi faktor berikutnya untuk membangun reputasi toko. Calon pembeli yang bisa melihat ulasan pembeli sebelumnya akan semakin yakin dengan toko dan produk yang dijual. 


Tokopedia mencatat meskipun hanya berada di top 4 atau 5, toko dengan ulasan positif dan memiliki kesan terpercaya menjadi faktor pendukung pertimbangan belanja bagi pembeli di Surabaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler