Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Laurene Powell Jobs, Janda Miliarder Steve Jobs dan Caranya Menghabiskan Uang

Mengenal Janda Miliarder Steve Jobs, Laurene Powell Jobs, dan caranya menghabiskan kekayaannya
Profil Laurene Powell Jobs, Janda Miliarder Steve Jobs dan Caranya Menghabiskan Uang/Reuters/Gus Ruelas
Profil Laurene Powell Jobs, Janda Miliarder Steve Jobs dan Caranya Menghabiskan Uang/Reuters/Gus Ruelas

Bisnis.com, JAKARTA — Dunia bisnis dan teknologi pasti taknasing dan akan terus mengenan nama Steve Jobs. Namun, istrinya juga menjadi sorotan, karena setelah mengantongi warisan kekayaan mendiang suaminya, dia menjadi salah satu miliarder paling berpengaruh di dunia.

Laurene Powell Jobs, miliarder berusia 60 tan, merupakan sosok yang berpengaruh di dunia investasi, dengan kekayaan bersih sebesar US$15,3 miliar, menurut Forbes.

Laurene telah menggunakan kekayaan yang diwarisi oleh mendiang suaminya, salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, untuk mengembangkan bisnis dan filantropinya sendiri.

Sosok Laurene Powell

Mengutip Business Insider, Laurene Powell Jobs lahir di West Milford, New Jersey, 1963. Dia merupakan anak dari seorang pilot yang meninggal dalam kecelakaan pesawat ketika usianya baru 3 tahun. 

Memiliki kecerdasan tinggi, dia menempuh pendidi di University of Pennsylvania. Tak tanggung-tanggung dia mengambil dua jurusan yakni ilmu politik dan ekonomi.

Setelah lulus dari University of Pennsylvania, dia memulai kariernya, bekerja di Wall Street untuk Merrill Lynch dan Goldman Sachs.

Tak lama setelah itu, dia kemudian menuju ke Barat untuk meraih gelar MBA, mendaftar di Sekolah Pascasarjana Bisnis Stanford pada 1989. Di sanalah dia bertemu Steve Jobs, calon suaminya.

Bertemu saat Jobs menjadi pembiacara di kampusnya, mereka menikah pada Maret 1991 di Hotel Ahwahnee di Taman Nasional Yosemite.

Dengan nama Steve Jobs yang sudah mulai mendunia kala itu, pernikahan mereka dihadiri oleh tamu-tamu penting termasuk mendiang Ratu Elizabeth II dan mantan presiden John F. Kennedy dan Barack Obama.

Ketika Jobs meninggal karena kanker pada 2011, istrinya mewarisi kekayaannya, termasuk saham di Apple dan The Walt Disney Company. Warisan tersebut membuat Powell Jobs menjadi miliarder.

Kepemilikannya di Disney juga sempat menjadikannya pemegang saham individu terbesar di perusahaan tersebut, namun pada 2017. Namun, Laurene mengurangi kepemilikannya menjadi 4%.

Dia menghabiskan kekayaannya dengan menjadi dermawan, menyumbang untuk memberikan dukungan politik, dan untuk berinvestasi di properti. Bahkan, pada 2023 Forbes pernah menobatkannya sebagai wanita paling berpengaruh ke-25 di dunia.

Namun dengan banyaknya kekayaan Laurene, dia pernah mengatakan bahwa anak-anaknya mungkin tidak mewarisi seluruh kekayaannya. Dia mengatakan kepada New York Times pada 2020 bahwa dia tidak tertarik untuk mewariskan kekayaannya kepada anak-anaknya.

Powell Jobs juga memiliki banyak real estate. Pada 2018, dia membeli rumah senilai US$16,5 juta di San Francisco yang memiliki enam kamar tidur, 6,5 kamar mandi, dan pemandangan kota yang menakjubkan.

Selama bertahun-tahun, dia JUGAmemiliki tiga rumah lain di Bay Area, termasuk rumah seluas 5.768 kaki persegi yang dia tinggali bersama mendiang suaminya. Dia bahkan kerap mengadakan pertunjukan Halloween unik di depan rumah setiap tahun yang menarik sebanyak 3.000 orang. 

Beli Rumah Termahal di San Francisco

The Wall Street Journal melaporkan pada 2024, Powell Jobs menghabiskan US$70 juta untuk sebuah rumah di San Francisco dalam kesepakatan di luar pasar, menjadikannya pembelian termahal yang pernah dilakukan di kota tersebut.

Dia juga baru-baru ini menambah portofolio real estatnya di Malibu, dengan membeli properti tepi pantai di sana seharga US$94 juta pada Juni 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper