Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yamaha Bidik Pangsa Pasar untuk Musisi dan Kreator Konten

Tahun lalu saja, potensi industri kreatif dari ranah content creator jumlahnya mencapai Rp7 triliun.
Yamaha Bidik Pangsa Pasar untuk Musisi dan Kreator Konten/Istimewa
Yamaha Bidik Pangsa Pasar untuk Musisi dan Kreator Konten/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah meluncurkan mikrofon DM-105 yang diperuntukkan untuk vokal lead dan backing, PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMID) menambah lini produk audio mereka dengan meluncurkan YDM Series.

Line up dari YDM Series yang dipasarkan di Indonesia adalah YDM707, YDM505, dan YDM505S (khusus model ini akan dipasarkan beberapa bulan mendatang).

Selain mikrofon Yamaha YDM Series, secara bersamaan pihaknya juga mulai memasarkan line produk USB
audio interface terbaru dari Steinberg IXO Series, yaitu IXO12 dan IXO22.

Technical Marketing Audio Sales Product Group PT Yamaha Musik Indonesia Distributor Gabriel Gunawan menjelaskan, pasar audio kini semakin luas dengan kian menjamurnya para kreator konten (content creator).

Pasar audio pun kini menjangkau kreator konten yang banyak diisi anak muda. Kreativitas dan inovasi generasi muda Indonesia dalam menciptakan konten di berbagai platform digital telah menciptakan dampak signifikan dalam pertumbuhan industri kreatif dan industri audio.

Tahun lalu saja, potensi industri kreatif dari ranah content creator jumlahnya mencapai Rp7 triliun. Menurut data, diperkirakan akan meningkat 5 kali lipat pada 2027 seiring dengan berkembangnya platform digital.

"Semakin seriusnya para kreator konten untuk membuat video berkualitas, mendorong kian banyak produsen audio berlomba-lomba melahirkan produk yang bisa menunjang kebutuhan kreasi para content creator. Salah satu pembuatan konten terutama video tidak hanya sebatas gambar, tapi juga suara," ujar Gabriel, di Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Ia menyebut, jajaran mikrofon dynamic kelas profesional ini dibuat untuk keperluan produksi musik live/rekaman, streaming, dan membuat konten untuk setiap kalangan. "Langkah ini
dilakukan untuk merespon aktivitas produksi musik dan kreasi konten yang semakin masif secara global," imbuhnya.

Mikrofon YDM Series dilengkapi dengan bahan isolator canggih milik Yamaha yang mengurangi noise akibat pemakaian mic, getaran, dan sumber eksternal lainnya yang berpotensi ditangkap oleh kapsul mic.

"Sehingga, pengguna mic ini dapat berkonsentrasi pada performance saja.YDM505 mengambil inspirasi dari desain alat musik, mikrofondidesain smooth yang terinspirasi dari desain lekukan dari alat musik tiup," jelasnya lagi.

Pegangan bagian atas semua model dan bawah, khusus YDM707, diberi aksen cincin perak, sehingga memberikan desain yang khas. Pegangannya tidak hanya dirancang dengan indah namun juga telah melalui pengujian prototipe berulang kali untuk memastikan
kenyamananan saat digenggam.

"Khusus model YDM505S terdapat switch On/Off untuk penggunaan solo
performance, talkback, atau situasi apapun yang dapat memanfaatkan fitur
On/Off mandiri. Model ini dilengkapi juga dengan mekanisme switch lock
sehingga pengguna dapat menggunakan mic tanpa khawatir mematikan mikrofon
secara tidak sengaja," tuntasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler