Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia 8 Konglomerat Pemilik Perguruan Tinggi Ternama di Indonesia

Daftar delapan konglomerat di belakang sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia, siapa saja mereka?
Kampus Pelita Harapan/uph.edu
Kampus Pelita Harapan/uph.edu

5. Mochtar Riady 

Mochtar Riady merupakan pemilik dari Grup Lippo di belakang berdirinya Universitas Pelita Harapan.

Menurut Forbes, saat ini Mochtar Riady dan keluarga merupakan orang terkaya ke-26 di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$1,4 miliar. 

Lippo Group mengelola sektor pendidikan melalui Yayasan Pelita Harapan yang terdiri dari 45 sekolah K-12 dan tiga universitas UPH yang berada di 3 wilayah: Kampus Utama Lippo Village, Kampus Surabaya, dan Kampus Medan. 

Bahkan, lembaga pendidikannya telah bermitra dengan Universitas Nasional Singapura, Universitas Teknologi Queensland, Universitas Biola di AS, Universitas Xiamen di Cina, dan lainnya serta dengan perusahaan multinasional utama seperti Microsoft, Intel dan Toshiba 

6. Ibrahim Risjad

Ibrahim Risjad berada di belakang Universitas Jabal Ghafur. Dia sempat nasuk dalam daftat orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan bisnis yang menggurita hingga kini memiliki 60 anak perusahaan yang bergerak di berbagai sektor mulai dari keuangan, properti, hingga industri pulp dan kertas.

Dengan melimpahnya harta, Ibrahim Risjad pun turut membangun Universitas Jabal Ghafur yang terletak di Jalan Gle Gapui Aceh, universitas yang didirikan pada 1982 ini dinaungi oleh Yayasan Kampus Jabal Ghafur. 

7. Ciputra

Raja properti pada masanya, Ciputra, adalah pendiri PT Ciputra Development. Mendiang Ciputra sempat masuk dalam daftar 50 orang Terkaya di Indonesia. Dalam daftar miliarder Forbes 2023, Ciputra dan keluarganya mempunyai harta senilai US$1,7 miliar.

Selain memiliki Ciputra Development yang merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di tanah air dengan proyek di 33 kota. 

Ciputra mengembangkan pendidikan di Indonesia dengan mendirikan Universitas Ciputra dengan konsentrasi studi untuk mencetak entrepreneur. Lulusan kampusnya diharapkan bisa menjadi pengusaha. 

8. Soetjipto Nagaria

Soetjipto Nagaria merupakan chairman dari Summarecon Agung. Menurut laporan Forbes pada 2015, kekayaan Soetjipto Nagaria ditaksir mencapai US$400 juta atau setara dengan Rp6,2 triliun dan sempat masuk ke dalam jajaran 50 orang terkaya di Indonesia.

Dengan kekayaan yang bernilai besar, Soetjipto pun dikenal sebagai sosok yang dermawan dan mengutamakan pendidikan. Terbukti, dengan dirinya mendirikan Universitas Pradita pada 2017. 

Pradita University sendiri adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia yang dibangun di atas konsep Enterprise University. Sebagai sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh Grup Summarecon dan mitra bisnisnya, Pradita University memiliki kekhasan di bidang perencanaan, perancangan, pembangunan, penerapan, dan pengembangan kota modern yang terintegrasi dan terpadu, mulai dari jurusan teknik hingga desain komunikasi visual.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper