Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya Harta Berlimpah, Ternyata Taylor Swift hingga Sam Altman Tak Masuk Daftar Forbes 400

Meski telah jadi miliarder, kekayaan nama-nama seperti Taylor Swift hingga Sam Altman tetap tak cukup untuk masuk dalam daftar Forbes 400 2024
Taylor Swift menggelar konser Eras Tour di Amerika Serikat. Dok. Instagram Taylor Swift
Taylor Swift menggelar konser Eras Tour di Amerika Serikat. Dok. Instagram Taylor Swift

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet miliarder di Amerika Serikat ternyata tak cukup kaya untuk bisa masuk dalam daftar terbaru Forbes 400 tahun ini.

Daftar yang memuat 400 orang Amerika terkaya versi Forbes itu ternyata bahkan tak bisa diraih oleh mereka yang punya US$3 miliar atau sekitar Rp46 triliun. 

Mengutip Forbes tahun ini, 400 orang terkaya di AS semuanya memiliki kekayaan setidaknya US$3,3 miliar, yang menjadi rekor baru, dan naik US$400 juta dari tahun lalu.

Standar yang tinggi itu membuat banyak miliarder terkemuka Amerika tidak cukup kaya untuk masuk dalam daftar tersebut. Bahkan, untuk pertama kalinya, ada lebih banyak miliarder AS yang tidak ada dalam daftar tersebut, mencapai 415 orang dan terus bertambah.

Miliarder itu termasuk tokoh selebriti seperti Oprah Winfrey dengan perkiraan kekayaan bersih US$3 miliar, Kim Kardashian US$1,7 miliar, Taylor Swift US$1,3 miliar, Magic Johnson US$1,2 miliar, dan Arnold Schwarzenegger US$1 miliar.

Selain itu, puluhan pemimpin teknologi dan keuangan terkemuka juga tidak punya cukup uang untuk masuk dalam daftar, termasuk pewaris realitas virtual Palmer Luckey dengan kekayaan US$2,4 miliar, salah seorang pendiri Scale AI Alexandr Wang US$2 miliar, pendiri Bilt Rewards Ankur Jain US$1,2 miliar dan CEO OpenAI Sam Altman dengan US$1 miliar

Berikut ini adalah beberapa miliarder ternama di Amerika yang belum cukup kaya untuk masuk dalam daftar Forbes 400:

1. Sam Altman

Kekayaan bersih: US$1 miliar

Sumber kekayaan: Investasi

Di tengah booming AI, CEO OpenAI saat ini tidak memiliki ekuitas di perusahaan kecerdasan buatan raksasa yang dikelolanya. Namun, dia bisq meraup banyak uang melalui investasi ventura, termasuk saham di Stripe, Reddit, dan Helion, perusahaan riset yang ingin membangun pembangkit listrik fusi pertama di dunia. 

OpenAI sendiri baru mengumumkan kepada investor bahwa mereka berharap segera melaksanakan putaran pendanaan baru, yang menurut laporan dapat menilai perusahaan tersebut hingga US$150 miliar.

2. Arnold Schwarzenegger

Kekayaan bersih: US$1 miliar 

Sumber kekayaan: Film, investasi

Bintang laga ini bergabung dalam daftar miliarder Forbes awal tahun ini setelah terungkap bagaimana dia memanfaatkan pendapatan Hollywood sebesar US$500 juta menjadi kerajaan investasi yang beragam. 

Asetnya yang paling berharga di antaranya saham minoritas di salah satu dana investasi terbesar di dunia, Dimensional Fund Advisors.

3. Jerry Seinfeld

Kekayaan bersih: US$1,1 miliar 

Sumber kekayaan: Komedian

Seinfeld adalah komedian terkaya di Amerika berkat keuntungan sindikasi yang menguntungkan dari acara TV yang menyandang namanya, termasuk kesepakatan lima tahun senilai US$500 juta dengan Netflix.

4. Bruce Springsteen

Kekayaan bersih: US$1,1 miliar 

Sumber kekayaan: Musik

Forbes menobatkan Bruce "The Boss" sebagai artis terbaru yang menjadi miliarder pada Juli tahun ini. Kekayaannya berasal dari tur dan penjualan rekaman sepanjang hidupnya, serta kesepakatan senilai US$500 juta untuk menjual katalog musiknya pada 2021.

5. Ankur Jain

Kekayaan bersih: US$1,2 miliar 

Sumber kekayaan: Perusahaan hadiah

Jain adalah pendiri dan CEO Bilt Rewards, penerbit kartu kredit berbasis di New York City yang memungkinkan pengguna memperoleh hadiah, termasuk poin maskapai penerbangan dan hotel, dari pembayaran sewa mereka.

Perusahaan tersebut mengumpulkan US$200 juta dari investor swasta dengan valuasi US$3,1 miliar pada bulan Januari.

6. Magic Johnson

Kekayaan bersih: US$1,2 miliar 

Sumber kekayaan: Bola basket, Investasi

Bintang NBA tersebut membangun kekayaannya di luar lapangan, termasuk membeli saham di tim NFL Washington Commanders dan tim MLB Los Angeles Dodgers. Namun, aset terbesarnya adalah 60% saham di perusahaan asuransi jiwa Equitrust dengan nilai aset yang dikelola mencapai US$27 miliar.

7. Sara Blakely

Kekayaan bersih: US$1,3 miliar

Sumber kekayaan: Spanx

Seorang mantan penjual mesin faks keliling, Blakely meraup kekayaannya dengan mendirikan merek pakaian dalam Spanx. Pada Agustus, dia meluncurkan penemuan terbarunya: sepatu kets dengan hak stiletto yang disebut "Sneex."

8. Richard Saghian

Kekayaan bersih: US$1,3 miliar 

Sumber kekayaan: Mode

Pendiri ritel mode daring Fashion Nova, yang dikenal dengan pemasaran di media sosial dan endorse ke selebritasnya, telah menghabiskan US$300 juta selama empat tahun terakhir untuk membeli real estat Los Angeles. 

Pada Agustus, dia membayar US$118 juta untuk kantor pusat baru seluas 175.000 kaki persegi untuk bisnis modenya.

9. Taylor Swift

Kekayaan bersih: US$1,3 miliar  

Sumber kekayaan: Musik

Eras Tour Taylor Swift yang memecahkan rekor dan katalog musik yang sangat berharga mendorongnya masuk ke klub tiga koma Oktober lalu. Sejak saat itu, dia merilis album studio ke-11, The Tortured Poets Department, dan melanjutkan tur Eras Tour-nya yang sukses.

10. Kim Kardashian

Kekayaan bersih: US$1,7 miliar 

Sumber kekayaan: Pakaian pelangsing, produk perawatan kulit

Kim K mungkin terkenal karena ketenarannya, tetapi dia adalah miliarder dari Skims, merek pakaian pelangsingnya yang mengumpulkan US$270 juta dengan valuasi US$4 miliar pada 2023. 

Dia juga memiliki lini perawatan kulit, SKKN BY KIM, dan perusahaan ekuitas swasta, SKKY Partners.

11. Alexandr Wang

Kekayaan bersih: US$2 miliar  

Sumber kekayaan: Kecerdasan buata

Dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia yang merintis usahanya sendiri pada 2022 sebelum turun dari peringkat di tengah gejolak pasar, Wang mendapatkan kembali gelar tersebut pada Mei lalu setelah mengumumkan bahwa perusahaan kecerdasan buatannya, Scale AI, telah mengumpulkan US$1 miliar dengan valuasi US$13,8 miliar. 

Wang diperkirakan memiliki 15% dari perusahaan yang berbasis di San Francisco tersebut.

12. Tom Ford

Kekayaan bersih: US$2,2 miliar 

Sumber Kekayaan: Mode

Ford menjual sahamnya di merek mode ternamanya kepada Estee Lauder pada 2022 dalam kesepakatan senilai US$2,8 miliar. Sejak saat itu, dia telah menginvestasikan sebagian besar kekayaannya ke dalam portofolio real estat yang mengesankan senilai sekitar US$200 juta.

13. Palmer Luckey

Kekayaan bersih: US$2,4 miliar 

Sumber kekayaan: Realitas virtual, teknologi pertahanan

Si jenius ini menjual perusahaan realitas virtualnya, Oculus VR, kepada Meta seharga US$2 miliar dalam bentuk tunai dan saham pada 2014, pada usia 21 tahun. 

14. Jay-Z

Kekayaan bersih: US$2,5 miliar 

Sumber kekayaan: Musik

Meskipun terkenal karena musiknya, pria dengan nama asli Shawn Carter itu memperoleh sebagian besar kekayaannya dari bisnis alkohol. Dia menjual 50% saham di perusahaan sampanye miliknya Armand de Brignac ke LVMH pada 2021, lalu menjual sebagian besar merek cognac miliknya D'Usse ke Barcardi pada 2023.

15. Oprah Winfrey

Kekayaan bersih: US$3 miliar 

Sumber kekayaan: Acara TV

Winfrey terdepak dari daftar The Forbes 400 pada 2021 dan belum kembali, meskipun dia masih menjadi salah satu wanita terkaya di Amerika berkat keuntungan yang diinvestasikan kembali dari acara tv dan filmnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper