Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses Jadi Afiliator E-Commerce, Cuan Mudah dan Minim Modal

Tips sukses menjadi afiliator di e-commerce, bisa jadi pilihan pekerjaan yang fleksibel dan raup banyak cuan.
Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka/Freepik
Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Di era digital sekarang ini, cara mencari dan meraup pendapatan semakin banyak, tak hanya dengan berjualan barang saja, menjual jasa untuk memasarkan produk sebagai affiliate marketing lewat konten untuk meraup banyak cuan. 

Affiliate marketing sendiri merupakan salah satu program yang umumnya diberikan oleh pedagang atau e-commerce untuk memasarkan produknya. 

Jika dulu lebih banyak pedagang menggunakan artis atau influencer untuk memasarkan produknya tapi harus membayar mahal, kini pedagang bisa dibantu berjualan oleh para afiliator hanya dengan memberikan komisi. 

Afiliator saat ini kerap menjadi pilihan usaha karena hanya membutuhkan modal kecil, tanpa perlu pengalaman kerja, serta memiliki jam kerja yang fleksibel. 

Umumnya, afiliator hanya perlu membagikan link produk dari pedagang yang bekerja sama di media sosial.  

Salah satu hal yang bisa dilakukan sebagai afiliator adalah dengan rajin membuat konten di media sosial atau melakukan live sesering mungkin. Afiliator bisa mendapatkan banyak pengikut, sampai pembeli hanya dengan memanfaatkan algoritma media sosial. 

Afiliator Tokopedia dan konten kreator, Ravenna Ravika, juga berbagi tipsnya agar bisa sukses dan meraup banyak cuan dari menjadi afiliator, tanpa perlu menjadi orang terkenal atau berpengaruh terlebih dahulu. 

"Menurutku untuk jadi afiliator itu yang paling pertama adalah untuk penting untuk membaca tren. Kedua adalah terbuka untuk kolaborasi, melakukan iklan dengan campaign tertentu misalnya tanggal kembar, Harbolnas, kemudian konsisten menjaga produktivitas," jelasnya dalam Zoom bersama Tokopedia, Senin (28/10/2024). 

Sebagai orang yang memanfaatkan media sosial untuk menjadi afiliator, Ravika terus konsisten membuat konten hampir setiap hari serta melakukan live streaming. 

"Yang paling penting adalah kita juga harus selalu yakin konten kita akan naik, mungkin nggak hari ini bikin konten langsung kelihatan hasilnya, tapi mungkin butuh waktu dua hari, tiga hari, jadi kita harus bisa jaga konsistensi," terangnya. 

Di Tokopedia sendiri, Ravika mengungkap, akan ada kreator konten dan afiliator baru setiap harinya, di samping brand-brand baru yang bermunculan, sehingga akan ada banyak wajah-wajah baru yang muncul. 

"Artinya pesaing konten ini akan semakin banyak, jadi bagaimana caranya kita bisa terus update, terus terlihat. Sambil konsisten, kita juga harus terus belajar dan evaluasi, Karena memang persaingan konten kreator dan afiliate ini makin bombastis," imbuhnya. 

Selanjutnya, jika sudah bisa menjaga konsistensi membuat konten, afiliator bisa mulai mengatur topik yang ingin lebih difokuskan dan ingin diperbesar cakupan pasarnya. 

"Untuk ini kita bisa bikin kolaborasi khusus dengan seller. Jadi kuncinya adalah konsistensi dan mempunyai mindset untuk terus bertumbuh di dalam platform-nya," tambahnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper