Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pentingnya Mentor Bagi Bisnis Startup Digital

Dalam membangun usaha rintisan digital, proses yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mencari mentor. Mentor ibarat guru. Mereka adalah seseorang dengan pengalaman atau pengetahuan yang lebih banyak dan bersedia membantu para founder untuk mengembangkan
Ilustrasi/Quartsoft
Ilustrasi/Quartsoft

Bisnis.com, JAKARTA -- Dalam membangun usaha rintisan digital, proses yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mencari mentor. Mentor ibarat guru. Mereka adalah seseorang dengan pengalaman atau pengetahuan yang lebih banyak dan bersedia membantu para founder  untuk mengembangkan bisnis.

Dalam proses mentorship yang terjadi adalah proses learning and development antara seseorang yang punya pengalaman lebih luas dengan seseorang yang ingin belajar. Dengan demikian seorang mentor bisa saja lebih tua atau muda tetapi memiliki keahlian dan pengalaman yang lebih banyak.

Luke Roush, Managing Principal Sovereign’s Capital, perusahaan Venture Capital asal Amerika, mengatakan pelaku usaha startup biasanya memiliki ide-ide yang tidak mudah untuk diwujudkan.

Mentor memiliki peranan penting untuk membantu startup menghindari masalah dan memikirkan strategi yang perlu. “Mentorship bukan untuk mencari jawaban tetapi saran-saran,” ucapnya.

Pendiri Arbor & Troy, Stephanie Hermawan, menceritakan bagaimana dia menyayangkan karena mendirikan perusahaan ritel di bidang furniture itu tanpa ada mentor khusus sejak 10 tahun lalu.

Ketika mengisi acara Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI ), dia mengatakan Arbor & Troy dirintisnya semata-mata karena mengikuti keinginan hati untuk berwirausaha.

“Saya merasa terlahir menjadi pelaku usaha. Namun saat mulai usaha bidang furniture dulu, kami hanya learning by doing sebab saya dan partner sama-sama tidak punya latar belakang di bidang furniture dan juga tidak punya mentor,” tuturnya.

Hingga sekarang, Stephanie mengaku tidak memiliki mentor spesifik. Yang menjadi mentornya adalah orang-orang yang ditemui sehari-hari.

Dia menganggap semua orang, bahkan termasuk para penyapu jalanan, pasti memiliki sesuatu yang dapat dijadikan pelajaran bagi orang lain.

Walau demikian, dia sangat menganjurkan agar para founder dan pelaku usaha untuk memiliki mentor khusus. Manfaat mentorship tak hanya membantu pelaku usaha pemula untuk memulai bisnis tetapi juga menjalankannya.

Mentor yang baik adalah yang punya integritas tinggi, kompeten, pandai dan memiliki kepedulian. Mentor mampu membantu mengembangkan kapasitas diri sehingga mempercepat pelaku usaha dalam menumbuhkan usaha dan berekspansi.

“Kalau saja dulu saya mempunyai mentor khusus, saya yakin usaha ini akan jauh lebih baik,” tutur perempuan yang kini menjadi mentor dan angel investor bagi bisnis di bidang sosial itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper