Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Minta 1%, Kembali 100%

Bisnis.com, JAKARTA – Menjadi entrepreneurship bukan gaya-gayaan. Bukan lantaran tidak mendapatkan pekerjaan menjadi pegawai negeri atau kerja di kantroran milik swasta. Entrepreneur adalah sebuah karya agung dari manusia. Produk kreativitas, kepintaran,

Bisnis.com, JAKARTA – Menjadi entrepreneurship bukan gaya-gayaan. Bukan lantaran tidak mendapatkan pekerjaan menjadi pegawai negeri atau kerja di kantroran milik swasta. Entrepreneur adalah sebuah karya agung dari manusia. Produk kreativitas, kepintaran, kejelian anak mansuia melihat peluang.

Di mata Ciputra, kewirausahaan merupakan salah satu pendorong perekonomian Indonesia. Karena itu, pemerintah harus meningkatkan peran guna mendorong perkembangannya.

Itu kenapa, pemilik Ciputra Group itu pernah mengusulkan  pemerintah sebaiknya mengalokasikan anggaran 1%  (minimal) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal itu berguna untuk meningkatkan kapasitas dunia usaha.

Ciputra yakin efek positifnya. "Dari anggaran APBN sekitar Rp1.600 triliun, kami minta 1% untuk entrepreneurship, nanti akan kembali lebih dari 100% ," ujar Ciputra dalam suatu kesempatan pada akhir tahun  2012.

Saat ini tingkat kewirausahaan di Indonesia masih memprihatinkan memang. Meminjam istilah Ciputra, kondisinya masih tergolong sangat rendah. Hal tersebut diperparah dengan permasalahan dasar yang dialami, misalnya dari birokrasi hingga tindak korupsi yang masih terjadi. Sumber daya manusia Indonesia  kurang memiliki integritas, profesionalisme, dan semangat entrepreneurship.

Anggaran 1% tersebut nantinya akan difokuskan pada pengembangan kewirausahaan, khususnya pendidikan dan pelatihan bagi para wirausahawan di Indonesia. Misalnya, dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan khusus dunia usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper