Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Karir: Jabatan Eselon I & II di Kementerian Akan Dilelang

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah  memprogramkan melakukan seleksi dan promosi terbuka atau lelang untuk jabatan eselon I dan II di kementerian/lembaga negara mulai tahun depan.

Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo mengakui lelang jabatan tersebut mirip dengan seleksi dan promosi yang digelar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk lurah dan camat se-Jakarta.

Dia menjelaskan nantinya masing-masing  kementerian akan membentuk tim assessment yang beranggotakan menteri, pimpinan lembaga, sekretaris daerah, dan akademisi.

“Terdapat tiga  penilaian utama yang tidak jauh berbeda dari lelang jabatan di DKI  yaitu mengenai pengelolaan manusia, pengelolaan tugas, dan pengelolaan diri sendiri," tuturnya sebagaimana dikutip situs resmi Pusat Pengumunan CPNS Indonesia, Selasa (27/8/2013)

 Menanggapi hal tersebut, Jokowi pun mendukung rencana pemerintah pusat itu.

‘“Bagus dong. Menurut saya seleksi dan promosi terbuka butuh keberanian. Lurah camat yang dulu ndak dukung akhirnya dukung semua. Tapi hasilnya nanti, kinerjanya. Kalau baik, kalau saya, yakin lebih baik. Tapi standar baik belum bisa saya pastikan,” ujarnya

Pernyataan senada juga dikemukakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Menurutnya, lelang jabatan yang akan dilakukan pemerintah pusat merupakan hal yang baik.

Sebab sistem seleksi itu, lanjutnya,  sesuai dengan Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara yang masih menunggu pengesahan DPR.

“Harus seperti itu. Karena memang itu kan kerja sama Menpan. Itu inti substansi dari RUU  Aparatur Sipil Negara  yang sampai sekarang masih di Kemendagri, belum dibahas. Di situ ada seleksi promosi terbuka untuk jabatan-jabatan eselon,”  tegasnya.

 tiru-jokowi-jabatan-eselon-i-ii-di-kementerian-akan-dilelang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper