Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Melamar Pekerjaan? Perhatikan 3 Hal Penting Ini

Mau diterima ketika melamar pekerjaan? Tentu Anda harus memperhatikan tiga hal dalam Curriculum Vitae atau resume. Ini akan langsung menarik perhatian perekrut. Karena itu, saat Anda menulis CV perhatikan beberapa hal berikut ini dan jangan menulis secara berlebihan.
Ilustrasi Cara Menulis CV
Ilustrasi Cara Menulis CV

Bisnis.com, JAKARTA - Mau diterima ketika melamar pekerjaan? Tentu Anda harus memperhatikan tiga hal dalam Curriculum Vitae atau resume. Ini akan langsung menarik perhatian perekrut. Karena itu, saat Anda menulis CV perhatikan beberapa hal berikut ini dan jangan menulis secara berlebihan.

Pertama, Kombinasi yang tepat antara keahlian, pendidikan, dan pencapaian atau pengalaman bekerja

Kedua, Kemampuan untuk menghadirkan informasi secara singkat, cepat, dan mudah dipahami

Ketiga, Format CV yang bersih, rapi, serta mudah dibaca

Para pelamar kerja sering kali membuat CV yang panjang dan berlembar-lembar, padahal pihak perekrut tidak selalu mempunyai waktu banyak untuk membaca CV Anda. Bayangkan saja mereka harus menyortir ratusan CV yang masuk, maka mereka pun harus membaca secara cepat inti dari resume yang Anda kirim.

Untuk itu, sebaiknya cantumkan data dan pengalaman Anda di halaman depan, sehingga perekrut bisa langsung tahu latar belakang Anda. Jika Anda punya begitu banyak pengalaman dan keahlian, maka pilihlah yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Hindari pula membuat CV secara berlebihan, misalnya menggunakan tinta warna-warni, menempelkan gambar pada CV, menggunakan kertas berwarna, dan lain sebagainya. (Careerealism/Kabar24.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lahyanto Nadie
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper