Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON PIMPINAN KPK: Daftar Lengkap 64 Calon yang Lolos Seleksi Administrasi

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) mengumumkan 64 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos seleksi administrasi dari 104 yang mendaftar.
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi/Bisnis
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) mengumumkan 64 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos seleksi administrasi dari 104 yang mendaftar.

"Ada empat kriteria seleksi awal yaitu relevansi pendidikan, relevansi pekerjaan, masa kerjanya dan persyaratan administrasinya. Faktor yang mempengaruhi tidak lolos pertama adalah persyaratan pendidikan, harus ada sarjana hukum, ekonomi, pokoknya yang relevan dengan pekerjaan KPK," kata anggota panitia seleksi mantan Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Farouk Muhammad saat dihubungi di Jakarta, Jumat  (5/9/2014)

Selanjutnya terkait pekerjaan harus berasal dari latar belakang pekerjaan hukum, perbankan, keuangan dan ekonomi.

"Dosen juga tidak semua dosen, kalau dosen ekonomi, dosen hukum, itu OK. Kemudian masa kerjanya adalah persyaratannya harus total 15 tahun, jadi ada yang kurang dari 15 tahun tidak bisa," tambah Farouk. seperti dikutip Antara.


Ke-64 orang yang lolos seleksi administrasi selanjutnya harus mengikuti seleksi pembuatan makalah tentang dirinya. Selanjutnya pada 11 September akan ada uji kompetensi.

"Tujuan menulis makalah adalah bisa mengungkapkan siapa dia. Kita bisa mengenal lebih lanjut, terutama aspek formalnya, maksud dan tujuan," ungkap Farouk.

Ia juga tetap meminta tanggapan masyarakat mengenai 64 orang yang lolos seleksi awal tersebut.

Berikut adalah nama 64 calon yang lolos seleksi administrasi, salah satu calon adalah Wakil Ketua KPK saat ini, Busyro Muqoddas.

1. Maju Dharyanto Hutapea 2. Denny Suriandhi 3. Iwan Nazarudin Kurniawan 4. Wiwik Dwi Harsono 5. Ichran Efendi Siregar 6. Nindya Nazara 7. Soemardjijo 8. Subchan Syafe'i 9. Sjamsuddin 10. Yohanis Anthon Raharusun 11. Syaiful Bahrie 12. Bambang Nindyorat 13. Eddhi Sutarto 14. Kusnadi Notonegoro 15. Jamin Ginting 16. M Busjro Muqoddas dan 17. Pandu Budi Rahardjono

Kemudian, 18. Cheryan Sambu Cahaya Sakti 19. Wiwik Sir Widiary 20. Yutti Subarliani Hailin 21. Setia Budi Nasution 22. Franz Astani 23. I Wayan Sudirta 24. Yudi Wibowo Sukinto 25. Rachmat Trijono 26. Bambang Yuganto 27. Mochamat Bey Satriadi 28. Yusuf 29. Trisaktiyana 30. Herlambang 31. Irjen Pol Alpiner Sinaga 32. Elmansyah Telaumbanua 33. Sastra Rasa 34. Henry Wilem 35. Togar SM Sijabat 36 dan Heru Supramono

Lalu, 37. La Ode Husen 38. Muhdi 39. Henricus Judi Adrianto 40. Petrus Selestinus 41. Tasdiyanto 42. Vita Vuena Surowidjojo 43. Ninik Maryanti 44. Indra Utama 45. Friman Zai 46. Bonthiny Abi Moro 47. Kaspudin Nor 48. Haeruddin Masarro 49. Roni Ilham Maulana 50. Ahmad Taufik

Calon lainnya adalah 51. Najemah 52. Dharma Tintri Ediraras 53. Brigjen Pol Bambang Wahyu Suprapto 54. Robby Arya Brata 55. Verra Ellen Getruida Logor 56. Rusli 57. Subagio 58. Mukhtar Panjaitan 59. Iwan Delano Marcel Siwy 60. Nasrul 61. Harizantos 62. Tahir Mahmud 63. Eddy Fritz Sinaga  dan 64. Marcus Lesilolo

Menurut catatan Bisnis, seleksi pendaftaran calon pimpinan KPK sudah ditutup  Rabu (3/9/2014). Hingga pukul 16.00 WIB tadi, sudah ada 104 orang yang terdaftar untuk mengikuti seleksi calon pimpinan KPK, menggantikan posisi Busyro Muqoddas.

Peminat yang terdaftar sebagai calon pimpinan KPK tersebut, berasal dari berbagai kalangan.14 orang berasal dari advokat, PNS dan Pensiunan PNS ada 24 orang, TNI dan Purnawirawan ada 7 orang, kemudian dari pihak swasta dan profesional ada 43 orang. Kemudian, dari 104 orang tersebut, terdapat 96 pria dan 8 orang wanita.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper