Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia CSR Award 2014, CFCD Berikan Penghargaan Kepada 37 Perusahaan

Sebanyak 37 perusahaan memperoleh penghargaan Indonesia CSR Award 2014 dari lembaga nirlaba Corporate Forum for Community Development (CFCD).
 M  ensos Khofifah Indar Parawansa (tengah), menyalami Ketua CFCD Periode 2014-2017 Tri Harjono (kanan) disaksikan mantan Ketua CFCD Suwandi, usai memberikan penghargaan kepada para CEO perusahaan nasional dan multi nasional pada Anugerah Indonesia CSR Award 2014, di Jakarta, Jumat (28/11)/Antara
M ensos Khofifah Indar Parawansa (tengah), menyalami Ketua CFCD Periode 2014-2017 Tri Harjono (kanan) disaksikan mantan Ketua CFCD Suwandi, usai memberikan penghargaan kepada para CEO perusahaan nasional dan multi nasional pada Anugerah Indonesia CSR Award 2014, di Jakarta, Jumat (28/11)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 37 perusahaan memperoleh penghargaan Indonesia CSR Award 2014 dari lembaga nirlaba Corporate Forum for Community Development (CFCD).

"Tim juri menyeleksi peserta peraih award berdasarkan program CSR masing-masing perusahaan mengacu penerapan ISO 26000 SR, sekaligus ajang sosialisasi bagi perusahaan yang belum menerapkan CSR sesuai standar," ujar Suwandi, Dewan Pembina CFCD.

Dia menjelaskan CFCD memberikan penghargargaan Corporate Social Responsibility (CSR) Award kepada sebanyak 37 perusahaan dari sebanyak 253 perusahaan yang menjadi anggota dalam penyelenggaraan konferensi nasional IV pada  26 - 28 November 2014 di Balai Kartini, Jakarta.

"Mereka memperoleh CSR Award setelah sebelumnya kami seleksi melalui team juri profesional dan independen," ungkapnya.

Suwandi mengatakan, tim juri menyeleksi peserta peraih award berdasarkan program CSR masing-masing perusahaan mengacu penerapan ISO 26000 SR, sekaligus ajang sosialisasi bagi perusahaan-perusahaan yang belum menerapkan CSR sesuai standar.

Dia juga menyampaikan Indonesia CSR Award CFCD telah mendapat pengakuan dari lembaga HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Kementerian Hukum dan HAM RI sehingga diakui secara hukum, berbeda dengan penyelenggaraan CSR Award lainnya yang sebetulnya tidak memiliki dasar hukum yang jelas bahkan ilegal.

Peserta ICA 2014 tidak hanya perusahaan tetapi juga lembaga. Penilaian mengacu kepada tata kelola, ketenagakerjaan dan operasi, perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, serta keberlanjutan yang seluruhnya sudah diatur di dalam ISO 26000 SR.

Pada ICA Award 2014 ini PT Telkom Indonesia Tbk memperoleh penghargaan grand platinum, PT Semen Padang grand gold, dan PT Tirta Investama grand silver.

"Predikat tersebut menunjukkan perusahaan meraih platinum, emas, dan perak terbanyak dibanding perusahaan lain," ujarnya.

Peserta ICA 2014 diantaranya berasal dari perusahaan pertambangan dan energi, pertanian dan agroindustri, industri dan manufaktur, jasa perbankan dan telematika, infrastruktur dan konstruksi, industri media, organisasi nirlaba.

"Dari sebanyak 37 perusahaan dan lembaga yang lolos team seleksi terdapat 149 program yang garis besarnya mulai dari pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas SDM, layanan kesehatan, peningkatan ekonomi, serta lingkunggan," ujar Suwandi.

CFCD dalam menyelenggarakan award yang dilaksanakan tiga tahun sekali selalu berkerja sama dengan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan kementerian lain.

Ketua CFCD Tri Harjono yang terpilih dalam penyelenggaraan konferensi IV mengatakan, tidak ada target perusahaan dan lembaga yang akan bergabung dalam wadah CFCD karena memang tidak ada pemaksaan bagi perusahaan melaksanakan program CSR.

CFCD dalam hal ini hanya berperan untuk menyosialisasikan perusahaan-perusahaan yang belum melaksanakan program CSR, kehadiran CFCD dalam hal ini hanya mendorong agar perusahaan-perusahaan tersebut dapat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar wilayah operasinya, ujar dia.

Namun kalau melihat perkembangan sebelum-sebelumnya ada sekurangnya 50 perusahaan dan lembaga baru yang bergabung setiap tahun. "Tetapi ya itu kita tidak ada target karena sifatnya sukarela untuk bergabung di CFCD," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper