Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CIPUTRA WAY: Bahaya Manajemen Berbasis Asumsi

Cendekiawan Prancis Paul Broca pernah mengatakan asumsi-asumsi yang paling jarang dipertanyakan seringkali adalah yang justru harus dipertanyakan dan dikritisi.
Ir.Ciputra
Ir.Ciputra - Bisnis.com 15 Januari 2015  |  17:05 WIB
CIPUTRA WAY: Bahaya Manajemen Berbasis Asumsi
Ir.Ciputra - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cendekiawan Perancis Paul Broca pernah mengatakan asumsi-asumsi yang paling jarang dipertanyakan seringkali adalah yang justru harus dipertanyakan dan dikritisi.

Meskipun kita belum tahu secara pasti, kita bisa bertaruh bahwa akan ada lebih banyak rencana yang gagal dan berjalan tidak sesuai target karena menggunakan berbagai asumsi yang tidak teruji keabsahannya dan menyesatkan. Dan dalam banyak kasus, hal ini menjadi alasan utama kegagalan sebuah manajemen bisnis.

Dengan kata lain, perencanaan masa depan sebuah bisnis dengan menggunakan pondasi yang kurang solid menghasilkan langkah bisnis yang kurang meyakinkan pula.

Dan kita sebagai entrepreneur juga bertaruh terdapat hubungan linier antara sejumlah asumsi yang tidak diperiksa validiitasnya yang berisiko gagal, makin pasti orang yang menggunakannya berpikir bahwa mereka sudah ada di jalur yang benar. Padahal tidak demikian. Saatnya untuk mengevaluasi langkah kita. Apakah kita juga menjalankan bisnis dengan menggunakan asumsi-asumsi yang terlalu optimis dan cenderung membodohi pihak lain dan diri kita sendiri?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur ciputra way

Sumber : ciputraentrepreneurship.com

Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top