Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

USAID HELM: Indonesia Harus Sisihkan 30% Pengambilan Keputusan untuk Perempuan

United States Agency International Development (USAID) mengusulkan agar pemerintah bersikap tegas dalam pengalokasian 30% kepemimpinan di perguruan tinggi dipegang perempuan.nn
FemaleDev Summit 2015/JIBI-Istimewa
FemaleDev Summit 2015/JIBI-Istimewa

Bisnis.com, TANGERANG—United States Agency International Development (USAID) mengusulkan agar pemerintah bersikap tegas dalam pengalokasian 30% kepemimpinan di perguruan tinggi dipegang perempuan.

Andrea Bosch, Chief of Party Higher Education Leadership and Management (HELM) USAID, berpendapat penetapan kuota seperti itu perlu dilakukan guna menggenjot partisipasi kepemimpinan perempuan di lingkup pendidikan tinggi.

“Selain itu juga perlu ada dana hibah dan penghargaan untuk memacu riset-riset dari perempuan di perguruan tinggi,” tuturnya dalam Forum Kepemimpinan Perempuan USAID, di Tangerang, Jumat (12/6/2015).

Dia mengemukakan sejumlah gagasan terkait isu minimnya kepemimpinan perempuan di lingkungan pendidikan tinggi. Tidak hanya soal kuota, dana hibah, dan penghargaan tetapi juga perlu dipergiat studi tentang kepemimpinan perempuan yang tergolong berhasil sebagai contoh studi.

Tidak cukup hanya mengandalkan hal bersifat pengembangan dan penguatan kecakapan diri perempuan, seperti pelatihan dan riset. Pemerintah juga harus hadir setidaknya melalui alokasi pendanaan khusus untuk mengorong kepempimpinan perempuan.

“Sekarang masih ada pembatasan, dalam pengambilan keputusan masih didominasi lelaki. [Dari segi akademis] juga Cuma ada sedikit publikasi ilmiah dari perempuan ketimbang laki-laki,” kata Bosch.

Proporsi pengajar perempuan di institusi pendidikan tinggi di Tanah Air berkisar 21% - 72%. Adapun yang menjabat sebagai pemimpin di institusi masing-masing cuma 6% - 20%, ini yang digarisbawahi USAID.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper