Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peduli Lingkungan, OCBC NISP Bangun Instalasi Air Bersih

PT Bank OCBC NISP Tbk. menggandeng OCBC Group membangun instalasi air bersih di Desa Ciaseupan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, guna meningkatkan sanitasi dan kualitas kesehatan warga di area tersebut.
Air bersih. /jibi
Air bersih. /jibi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank OCBC NISP Tbk. menggandeng OCBC Group membangun instalasi air bersih di Desa Ciaseupan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, guna meningkatkan sanitasi dan kualitas kesehatan warga di area tersebut.

Direktur Bank OCBC NISP Rama P. Kusumaputra mengatakan rendahnya kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia salah satunya disebabkan kurangnya ketersediaan air bersih dan fasilitas sanitasi.

“Sejalan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan tema Healthy Life, Better Future, kami merealisasikan kegiatan CSR [corporate social responsibility] ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat,” ujar Rama dalam siaran persnya, Senin (15/6/2015).

Adapun, pembangunan instalasi tersebut dilakukan dengan melakukan pemipaan dari sumber mata air yang ditampung dalam wadah penampungan.

Air tersebut kemudian dialirkan ke perumahan warga sehingga sekitar 470 rumah warga di desa tersebut dapat terpenuhi kebutuhan atas air bersih baik untuk minum dan mencuci. Air dari instalasi ini, sekaligus juga digunakan untuk 2 unit fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) yang dibangun oleh para relawan.

Selain membangun instalasi tersebut, Bank OCBC NISP dan OCBC Group pun mendukung kelompok peternak ikan lele di area tersebut, melalui pembuatan 6 kolam pembibitan dan budi daya ikan lele. Kedua entitas ini juga menggelar kegiatan peduli pendidikan dengan melakukan perbaikan sarana dan prasarana fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa tersebut.

Global Market Head for Indonesia Bank of Singapore Robin Heng berharap bantuan ini dapat membantu perekonomian warga Desa Ciaseupan. “Ini sekaligus menjadi ajang bagi OCBC Group dan OCBC NISP untuk semakin meningkatkan sinergi dan kerja sama dalam memberikan kontribusi positif ke masyarakat.”

Adapun, kegiatan CSR OCBC NISP dan OCBC Group telah digelar sejak 2008. Ketika itu, OCBC NISP dan OCBC Group melakukan pembangunan dan perbaikan rumah penduduk serta sarana pendidikan di daerah Banjaran, Jawa Barat.

Sementara itu, di bidang lingkungan hidup, Bank OCBC NISP dan OCBC Group melakukan penanaman 10.000 bibit mangrove di Pulau Karya pada 2013. Penanaman ini dilanjutkan dengan pembangunan instalasi air bersih menggunakan teknologi reverse osmosis pada 2014 di Pulau Sabira. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper