Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS STARTUP: Makin Digandrungi, Yuk Kenali Potensi Usahanya

Baru-baru ini ditayangkan film The Intern yang dibintangi Anne Hathaway dan Robert De Niro. Drama tersebut menggambarkan bagaimana Jules Ostinkarakter yang diperankan Annebekerja keras mengembangkan bisnis startup yang berbasis fesyen
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Mudah Gaet Investor

Bagaimana gambaran perkembangan bisnis startup di Indonesia saat ini?

Iklim bisnisstartup di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang bagus. Dua tahun belakangan ini, (pertumbuhannya) makin pesat oleh karena minat dari sejumlah investor mancanegara, seperti Jepang, China, dan Amerika Serikat.

Para investor sedang memfokuskan diri ke negara seperti Indonesia dan negara-negara yang penetrasi internetnya baru melampaui 20%-30% dari total jumlah penduduk. Negara lain yang juga dibidik untuk pengembanganstartupa.l. India, Vietnam, dan Filipina.

Berdasarkan pengalaman, bagaimana proses pencarian ide untuk pengembangan bisnisstartup?

Seperti layaknya bisnis lainnya. Notabene, bisnis startup yang dimaksud adalah bisnis yang berbasis teknologi internet.

Bisnis ini seringkali dilihat sebagai bisnis baru dan banyak yang berpikir kalau bisnisstartupselalu mengedepankan teknologi dibandingkancustomer.

Akan tetapi, kami selalu percaya kalau setiap ide bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa membantu masyarakat menyelesaikan masalah dalam kebutuhan masyarakat. Memang betul, teknologi menjadi enabler yang membantu memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Bisnis startupseperti bisnis lainnya ,membutuhkan riset yang kuat, perencanaan bisnis yang solid, dan keahlian dalam mengeksekusi baik di bidang teknologi, operasi, maupun pemasaran.

Bisnis startup mungkin lebih mudah dalam mendapatkan dana investasi yang besar, karena adany euforia kelangkaan perusahaan yang berkualitas dalam bidang ini di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper