Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS STARTUP: Makin Digandrungi, Yuk Kenali Potensi Usahanya

Baru-baru ini ditayangkan film The Intern yang dibintangi Anne Hathaway dan Robert De Niro. Drama tersebut menggambarkan bagaimana Jules Ostinkarakter yang diperankan Annebekerja keras mengembangkan bisnis startup yang berbasis fesyen
Ilustrasi/Cambridgeinternational
Ilustrasi/Cambridgeinternational

Butuh Partner OK

Sebagai pelaku yang berpengalaman dan kerap dijadikan rujukan, apa saja saran untuk rekan-rekan yang hendak memulai perusahaanstartup? Apa saja yang perlu diperhatikan?

Setelah melewati pengalaman hampir 15 tahun dalam membangun lebih dari 7 perusahaan berbasis teknologi bersama dengan para mitra, ada beberapa hal yang perlu kita ingat dalam membuat kemungkinan lebih berhasil.

Untuk menjadikan bisnis sukses, dibutuhkan tim dan partner yang tepat, serasi, dan sepaham. Lalu, dibutuhkan juga tim pasar yang tajam, dibutuhkan perencanaan bisnis yang matang dan cermat.

Selain itu, perlu mempunya konsep yang memenuhi kriteriasave money for people, make money for people, save time for people,danhelp people communicate/express their opinions.

Bagaimana memutuskan apakah startupyang dikelola sudah siap dijual? Apa saja kriteria sebuahstartupmulai layak untuk dijual?

Perusahaan yang menghasilkan profit sebenarnya tidak perlu dijual, mungkin butuh investasi tambahan untuk memperbesar profit.

Namun, biasanya perusahaan yang dijual adalah perusahaan yang tidak begitu sehat, salah satu dari founders mau keluar karena tidak mempunyai visi yang sama lagi, atau perusahaan yang tidak bisa bersaing dalam kompetisi yang ketat.

Apa sajakah kategori usaha yang cocok untuk dikembangkan dengan polastartup?

Pada dasarnya semua bisnis yang suatu saat akan dibutuhkan untuk dimodernisasi, semua bisnis yang bersifat ritel, komunikasi, travel, transportasi, dan keuangan bisa dikembangkan secara bisnis yang berbasis teknologi.

Untuk Pak Danny sendiri, apakah setelah ini ada rencana untuk membuatstartupbaru yang tidak setipe dengan bisnis sebelumnya? Jika ya, apa bisnisnya dan mengapa memilih itu?

Ya, mungkin ke depannya saya tertarik dalam membangun bisnis yang bersifat distribusi, iot,atauentertainment.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Kendala Bisnis Startup

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper