Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desa Wukirsari Yogyakarta Jadi Desa Binaan BCA

PT Bank Central Asia Tbk. melalui program Bakti BCA kembali mendukung keberlangsungan pariwisata yang berkualitas di Indonesia.
Gedung Bank BCA/Ilustrasi-Bisnis
Gedung Bank BCA/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com,JAKARTA— PT Bank Central Asia Tbk. melalui program Bakti BCA kembali mendukung keberlangsungan pariwisata yang berkualitas di Indonesia. Kali ini, BCA mewujudnyatakannya dengan meresmikan Desa Wukirsari sebagai salah satu desa wisata binaan BCA.

Peresmian ini dilakukan oleh Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati, Camat Imogiri Sigit Subroto, dan Pjs. Lurah Wukirsari R. Eko Wiyanto serta disaksikan oleh Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Cyrillus mengatakan BCA secara aktif melakukan pendampingan kepada beberapa komunitas untuk dapat lebih mengembangkan potensi daerah. Diharapkan melalui upaya tersebut dapat membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

“Salah satu komunitas yang telah aktif didampingi oleh BCA adalah para pengurus Desa Wukirsari. Setelah melakukan beberapa kali pendampingan dan pelatihan, hari ini kami meresmikan Desa Wukirsari sebagai salah satu desa wisata binaan BCA,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Minggu (20/3/2016).

Desa Wukirsari telah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata wayang di Yogyakarta. Masyarakat, baik dari dalam maupun luar negeri, seperti Swiss, Perancis, Belanda dan Jepang, pernah belajar kesenian wayang di desa ini.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain membuat wayang, memainkan gamelan, menyaksikan pertunjukkan wayang, serta tinggal di rumah-rumah pengrajin wayang di Desa Wukirsari.

Seiring dengan pesatnya industri pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta, maka Desa Wukirsari pun harus melakukan pengembangan agar tetap dapat memenuhi kebutuhan pasar pariwisata. Melalui program pelatihan ini, BCA ingin mengoptimalisasikan fungsi Desa Wukirsari sebagai Desa Wisata Wayang dengan menjadikannya sebagai salah satu desa wisata binaan BCA.

Selain meresmikan, pada kesempatan tersebut BCA juga mengadakan berbagai kegiatan, seperti perlombaan, pertunjukan wayang, dan pengobatan gratis untuk warga desa Wukirsari. Pada hari sebelumnya, Jumat (18/3), BCA juga telah mengadakan pengobatan gratis bagi warga Desa Wisata Pentingsari.

Cyrillus menambahkan BCA menyadari pemerataan pelayanan kesehatan dapat mendukung aktivitas masyarakat di Desa Wukirsari.

“Tubuh yang sehat merupakan aset untuk dapat beraktivitas dan mengembangkan potensi diri sehingga masyarakat dapat mengelola pariwisata Desa Wukirsari supaya dapat terus berkembang dan mengundang wisatawan dari penjuru negeri,” ujarnya.

Dengan peresmian Desa Wukirsari sebagai desa wisata binaan BCA, diharapkan kehadiran BCA tidak saja dirasakan melalui pelayanan transaksi perbankan sesuai kebutuhan nasabah, tetapi juga senantiasa hadir dalam menjawab berbagai kebutuhan lainnya, seperti pengembangan di sektor pariwisata.

Kegiatan penyerahan donasi dari BCA merupakan wujud perpanjangan tangan dari nasabah BCA yang telah mempercayakan BCA sebagai bank pemberi pelayanan perbankan untuk berbagai kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper