Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masih Terbuka, Ribuan Lowongan Kerja Perawat di Luar Negeri

BNP2TKI menawarkan ribuan pekerjaan bidang keperawatan di Timur Tengah dan Asia Pasifik. Lulusan akademi perawat Indonesia sangat dibutuhkan di negara-negara tujuan seperti, Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Uni Arab Emirat (UAE), Jepang dan Taiwan.
Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan Akper Intan Martapura yang setelah lulus langsung memasuki dunia kerja tanpa berlama-lama menganggur. /Bisnis.com
Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan Akper Intan Martapura yang setelah lulus langsung memasuki dunia kerja tanpa berlama-lama menganggur. /Bisnis.com

Bisnis.com, BANJAR BARU –  BNP2TKI menawarkan ribuan pekerjaan bidang keperawatan di Timur Tengah dan Asia Pasifik. Lulusan akademi perawat Indonesia sangat dibutuhkan di negara-negara tujuan seperti, Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Uni Arab Emirat (UAE), Jepang dan Taiwan.

"Perawat Indonesia banyak disukai karena kompetisinya lebih unggul dibanding perawat dari negara lain. Lulusan Akademi Perawat Intan Martapura dapat mengisi lowongan perawat tersebut," kata Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI Elia Rosalina Sunityo dalam siaran persnya, Sabtu (28/8/2016).

Pernyataan itu disampaikan Elia Rosalina Sunityo  saat memberikan orasi ilmiah di hadapan 138 wisudawan - wisudawati pada acara Wisuda Angkatan XIV Akademi Perawat Intan Martapura di Hotel Dafam Banjarbaru Kalimantan Selatan, Sabtu (27/8/2016).

Turut hadir pada acara itu Gubenur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan Nasrun Syah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah, ketua Yayasan Banjar insan Prestasi Syahrialudin Noor, Direktur Akademi Perawat Intan Martapura H.Sirajudin Noor,Kasi Perlindungan BP3TKI Banjarbaru, Fachrizal dan Koordinator Kopertis Wilayah 11 Kalimantan Selatan.

"Jadilah tenaga kerja perawat yang berkualitas dan berkompeten. Tingkatkan kemampuan dalam percakapan bahasa Inggris. Untuk Timur Tengah, Arab Saudi misalnya tidak terlalu minta skor seperti TOEFL atau IELTS. Yang penting bisa berbahasa Inggris dengan aktif dan bisa bahasa Arab" ujar Elin, sapaan akrab Elia Rosalina Sunityo.

Dalam kesempatan itu Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi juga mengingatkan, bekerja di luar negeri hanyalah pilihan. Pemerintah umumnya dan  BNP2TKI khususnya, tidak pernah mendorong warganya untuk bekerja di luar negeri, namun jika ada minat maka BNP2TKI memfasillitasi.

BNP2TKI memiliki Job Info yakni pada situs www.jobinfo.bnp2tki.go.id, situs jobsinfo.bnp2tki.go.id atau bnp2tki.go.id. Disitu banyak terdapat informasi lowongan pekerjaan di luar negeri, termasuk buat info lowongan kerja perawat di Amerika Serikat.

Adapun untuk infomasi perawat ke Jepang, Elin menyarankan agar mendatangi kantor BP3TKI Banjarbaru Jl. Rosela No.16 Simpang Empat Sei Ulin Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan Tlp.(0511) 4782352.

Gubenur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor mendukung penuh penyiapan tenaga kesehatan di Banjarbaru hingga penempatan ke luar negeri. Para lulusan Akper Intan Martapura adalah calon perawat yang telah dibekali dengan keahlian mumpuni dalam bidang keperawatan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan Akper Intan Martapura yang setelah lulus langsung memasuki dunia kerja tanpa berlama-lama menganggur.

Elin menambahkan pemerintah berencana menghentikan pengiriman TKI sektor informal seperti pembantu rumah tangga (PRT) ke luar negeri. Penghapusan ini dilakukan sebagai upaya perlindungan karena TKI di sektor ini memiliki tingkat kerawanan yang sangat tinggi, seperti terjadinya kekerasan oleh majikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper