Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIAT SUKSES: Cara Mempertahankan Ciri Khas Bisnis Anda

Berikut terdapat beberapa cara guna mempertahankan ciri khas bisnis yang dapat Anda terapkan agar bisnis Anda bisa berbeda dengan bisnis lainnya.
Tung Desem Waringin. / Laruno.com
Tung Desem Waringin. / Laruno.com

Masing masing-masing bisnis yang telah ada saat ini pasti memiliki ciri khas tersendiri. Mempertahankan suatu ciri khas tersebut mungkin cukup sulit namun bukan berarti pula bahwa Anda tidak bisa melakukannya. Berikut terdapat beberapa cara guna mempertahankan ciri khas bisnis yang dapat Anda terapkan agar bisnis Anda bisa berbeda dengan bisnis lainnya.

Jangan Meniru Gaya Bisnis Pesaing
Sebaiknya Anda perlu berhati - hati apabila Anda membuka bisnis hanya karena sedang ada trend. Namun sebaiknya bisnis Anda memiliki suatu iconic atau dapat memberikan sesuatu yang baru (tidak sama) dengan yang lainnya. Meskipun nantinya aka nada yang mengikuti bisnis Anda, tapi setidaknya para pelanggan mengetahui yang mana yang lebih berkualitas, mana yang menjadi founder dan mana yang menjadi follower. Percaya dirilah dengan gaya dari bisnis yang telah Anda miliki

Menentukan Identitas Warna
Warna memiliki unsur psikologis pada masing - masing warna. Mungkin ada rekan Anda atau bahkan diri Anda sendiri yang pernah melakukan eksperimen untuk menanyakan kepada orang-orang disekitar mengenai warna dari produk tertentu. Tentunya dari jawaban mereka banyak yang memberikan jawaban mengenai warna yang mendominasi dari bisnis tersebut. Maka dari itu, betapa pentingnya peran suatu warna untuk identitas dari suatu bisnis.

Menyajikan Produk di Sosial Media
Ketika menyajikan content - content tentang bisnis Anda di social media maka Anda juga harus memperhatikan bagaimana kualitas dari penyajian produk atau jasa dari bisnis Anda. Agar mendapatkan kualitas dalam penyajian maka Anda harus pandai-pandai dalam mengetahui siapa target dari sasaran yang akan menggunakan bisnis Anda. Pastikan penyajian tersebut memiliki sifat yang universal.

Memberikan Panggilan Unik Terhadap Pelanggan
Beberapa orang mungkin ada yang berpendapat bahwa suatu bisnis dikatakan ideal apabila bisnis tersebut dapat menyapa para pelanggan mereka atau para calon konsumennya dengan suatu panggilan tertentu. Dengan memberikan panggilan unik tersebut maka pelanggan akan merasa lebih santai dan tidak terlalu kaku terhadap Anda atau bisnis Anda, namun berhati-hatilah dalam pemilihan nama panggilan, buat nama tersebut tidak memberikan kesan menyinggung para calon konsumen Anda.

Gift Sangat Penting
Sebagian besar pebisnis pasti hanya memikirkan bahwa bisnis hanyalah tentang bagaimana mendapatkan keuntungan. Pernyataan tersebut memang benar adanya namun alangkah beruntungnya lagi jika bisnis Anda memiliki para pelanggan yang loyal, karena hal tersebut pasti akan berpengaruh terhadap jalannya suatu bisnis dalam jangka panjang. Pada waktu tertentu berilah para pelanggan Anda gift gratis, karena kemungkinan besar hal tersebut akan memberikan efek hubungan yang lebih erat antara pelanggan dengan bisnis Anda.

Anda harus punya rasa percaya diri dalam menjalankan bisnis. Buatlah bisnis Anda mempunyai ciri khas, sehingga calon konsumen atau konsumen mengenali Usaha Anda. Setelah ciri khas itu sudah dibangun, pertahankan. Jangan sampai Anda akhirnya meniru perusahaan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper