Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Palangkaraya Ikut Operasi Katarak Gratis

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerjasama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK Perdami) dalam memberikan operasi mata gratis untuk para penyandang katarak di Kabupaten Murung Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
Pejalan kaki melintas di depan Menara BCA di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (24/2)./Antara-Muhammad Adimaja
Pejalan kaki melintas di depan Menara BCA di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (24/2)./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA-Dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan dan dalam melaksanakan kegiatan sosial di bidang kesehatan untuk masyarakat Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerjasama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK Perdami) dalam memberikan operasi mata gratis untuk para penyandang katarak di Kabupaten Murung Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Hadir untuk membuka pelaksanaan Operasi Katarak Gratis ini Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Palangkaraya Petrus Canisius Robby Kojongian, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Wakil Bupati Murung Raya Darmaji, Direktur RSUD Puruk Cahu Marthin Maha, Ketua Tim SPBK Perdami Andi Arus Viktor. Operasi gratis yang diadakan selama 2 hari dari tanggal 17 hingga 18 November 2016 dilaksanakan di RSUD Puruk Cahu dan merupakan bagian dari program Bakti BCA Solusi Sinergi. BCA menargetkan untuk memberikan operasi mata gratis kepada 150 pasien lansia yang bekerja sebagai penambang, ibu rumah tangga, pelajar, petani, buruh kasar dan pekerja swasta.

Petrus mengatakan, Katarak dapat menyerang siapapun, tidak hanya masyarakat yang lanjut usia, namun bisa diderita oleh warga usia produktif. "Kondisi ini membuat BCA konsisten menyelenggarakan operasi katarak secara berkesinambungan dan menjangkau berbagai tempat. Melalui operasi ini masyarakat diharapkan dapat kembali sehat dan produktif untuk bersama-sama membangun potensi wilayah mereka.” ujarnya dalam siaran persnya.

Berdasarkan data dari Puslitbang Pemberantas Penyakit, Badan Litbangkes Depkes RI, katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan terbesar (0,78%) di antara penyebab kebutaan lainnya.

Buta katarak menjadi penyakit yang degeneratif yang umumnya terjadi pada usia lanjut, namun 16% dari buta katarak di Indonesia terdapat pada usia produktif (40-54 tahun). Perkiraan mulai terjadinya katarak adalah 15-20 tahun sebelum menjadi buta yang disebabkan faktor intristik dan ekstrinsik. Katarak atau kekeruhan pada lensa mata, masih menjadi salah satu penyebab utama 50 persen kebutaan di negara ini.

Oleh sebab itu pemerintah bersama berbagai instansi turut mendorong penurunan angka penderita katarak di Indonesia. BCA telah menjalin kerjasama dengan Perdami sejak tahun 2001 dan sampai saat ini, sudah melaksanakan program operasi mata gratis sebanyak 48 kali di sejumlah lokasi di Indonesia. Sepanjang tahun 2016, BCA telah memfasilitasi tindakan operasi katarak gratis di Ciledug, Tangerang, Tana Toraja, dan Riau. Ke depannya, BCA berharap dapat semakin banyak daerah yang dijangkau dan dapat memfasilitasi semakin banyak pasien yang membutuhkan operasi gratis.

“BCA tidak hanya fokus pada perekonomian masyarakat Indonesia, namun kami juga peduli akan kesehatan yang menjadi salah satu penentu tingkat kesejahteraan warga. Operasi katarak pada hari ini diharapkan dapat semakin menunjang aktivitas warga, terutama di Palangkaraya. Warga yang sehat akan menunjang berbagai aktivitas pembangunan daerah, baik dari segi pengelolaan sumber daya alam, ekonomi kreatif, maupun pemberdayaan wisata yang ada. Kegiatan yang dilakukan BCA ini juga sejalan dengan visi pemerintah mewujudkan Indonesia bebas buta katarak pada 2020," tutup Petrus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler