Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIAT SUKSES: Empat Alasan Anda Butuh Pesaing

Persaingan dalam bisnis adalah hal yang umum. Adanya pesaing bukan berati itu hal yang buruk, namun pesaing atau kompetitor bisa memacu semangat pengusaha untuk melakukan yang terbaik dan berkompetisi secara sehat.
Munculnya seorang kompetitor janganlah Anda jadikan sebagai momok yang harus Anda takutkan. /Bisnis.com
Munculnya seorang kompetitor janganlah Anda jadikan sebagai momok yang harus Anda takutkan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan dalam bisnis adalah hal yang umum. Adanya pesaing bukan berati itu hal yang buruk, namun pesaing atau kompetitor bisa memacu semangat pengusaha untuk melakukan yang terbaik dan berkompetisi secara sehat.

Selain itu berikut ini adalah beberapa alasan mengapa dibutuhkannya kompetitor bisnis:

1. Meningkatkan kredibilitas

Persaingan bisnis yang ramai memungkinkan pelanggan untuk melihat kredibilitas usaha Anda secara menyeluruh dan membandingkannya dengan pesaing di sekitar Anda. Dengan memiliki kredibilitas yang baik maka bisnis dapat tumbuh dengan pesat karena kepercayaan konsumen juga meningkat.

2. Memicu ide kreatif

Adanya kompetitor dengan bisnis sejenis yang Anda lakukan, maka Anda diharuskan untuk terus berpikir agar bisnis Anda tetap bersaing bahkan mungkin berkembang. Berada dalam ‘tekanan’ seperti ini akan memacu pola pikir Anda untuk berkembang sehingga dapat memicu ide-ide baru yang kreatif. Jika Anda tidak memiliki pesaing, maka Anda akan terus berada di zona nyaman sehingga tidak terlintas untuk mengembangkan inovasi baru dan bisnis berjalan stagnan.

3. Lebih fokus

Mencapai sesuatu yang lebih banyak dapat membuat Anda menjadi tidak fokus pada bisnis yang dijalani. Salah satu contohnya adalah mendirikan banyak bisnis saat bisnis pertama yang dijalaninya sedang berkembang. Belum tentu beberapa bisnis baru tersebut dapat dikelola dengan maksimal, justru hanya membuat Anda jadi tidak fokus. Adanya kompetitor akan mendorong Anda untuk lebih fokus mencapai tujuan.

4. Meningkatkan layanan pelanggan

Bersikap hangat dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan apa yang menjadi kebutuhan konsumen akan membuat mereka merasa nyaman di tempat Anda. Seringkali terjadi sebuah usaha yang tidak memiliki pesaing memberikan layanan yang asal-asalan pada konsumennya. Akibatnya konsumen merasa kecewa dan ketika muncul kompetitor maka perlahan-lahan konsumen tersebut akan beralih pada kompetitor yang memberikan layanan lebih baik.

Munculnya seorang kompetitor janganlah Anda jadikan sebagai momok yang harus Anda takutkan. Ada hal positif yang Anda bisa dapatkan dari keberadaan kompetitor usaha Anda, yang justru akan membuat usaha Anda menjadi lebih baik di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : laruno.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper