Menteri Puspayoga Berbagi Tips Menjadi Wirausaha Muda

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memberikan tiga tips sederhana untuk menjadi seorang wirausaha pemula yakni kerja dan jujur; fokus; dan memiliki jiwa kreatif.
Thomas Mola | 07 Juni 2017 20:15 WIB
Ilustrasi pengusaha muda - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memberikan tiga tips sederhana untuk menjadi seorang wirausaha pemula yakni kerja dan jujur; fokus; dan memiliki jiwa kreatif.

"Ketiga hal itu ialah kerja keras dan jujur, fokus dan yang ketiga, memiliki jiwa yang kreatif," ujarya pada keterangan resmi, Rabu (7/7/2017).

Puspayoga menuturkan kerja keras adalah semangat untuk tidak mudah menyerah, sementara kejujuran menjadi modal untuk mendapatkan kepercayaan. Fokus, tambahnya, mendorong seseorang untuk bekerja secara profesional.

"Memiliki jiwa kreatif sama maknanya dengan mengubah tantangan menjadi peluang," imbuhnya.

Puspayoga menuturkan faktor permodalan bisa dibantu dengan berbagai skema pembiayaan yang disiapka pemerintah. Pemerintah memiliki program bantuan kepada wirausaha muda, Kredit Ultra Mikro, Kredit Usaha Rakyat (KUR), LPDB, dan KURBE. "Semua pembiayaaan itu akan disesuaikan dengan skala usaha masing-masing," tambah Puspayoga.

Dia menuturkan selama ini Kemenkop dan UKM terus gencar melakukan pelatihan kewirausahaan. Dari program itu tidak semua orang berhasil menjadi wirausaha muda. "Jika satu pelatihan pesertanya 300, bisa melahirkan 25 persen wirausaha baru saja itu sudah bagus," tandasnya.

Tag : puspayoga, kemenkop ukm
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top