Tips Bisnis: Ingin Sukses? Ini 9 Prinsip Kesuksesan

Punya bisnis sendiri atau berniat menjalankan usaha? Apa saja yang harus dilakukan agar bisnis kita beroperasi dengan baik dan dapat bertahan di tengah persaingan?
Anissa Margrit | 22 Juli 2017 22:04 WIB
Yasa Singgih - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Punya bisnis sendiri atau berniat menjalankan usaha? Apa saja yang harus dilakukan agar bisnis kita beroperasi dengan baik dan dapat bertahan di tengah persaingan?

Pendiri Men's Republic, Yasa Singgih, membagikan sembilan prinsip berbisnis yang dimilikinya dalam seminar Gatherich, Sabtu (22/7/2017).

Yasa, yang sekarang berusia 22 tahun, sudah berbisnis sejak masih duduk di bangku sekolah. Dia sempat menjalankan bisnis fesyen online dan kuliner sebelum mendirikan Men's Republic, yaitu perusahaan yang bergerak di fesyen untuk pria.

Berikut sembilan prinsip bisnis yang dipegang pengusaha yang masuk daftar 30 Under 30 Asia 2016 di sektor ritel dan e-commerce versi Forbes ini:

1) Passion bukan yang (paling) penting.
Bisnis bisa dimulai dari hal yang memiliki peluang untuk dikembangkan dan bisa menghasilkan uang, tidak melulu yang terkait dengan passion seseorang.

2) Tidak perlu banyak tahu.
Tahu terlalu banyak akan membuat kita memunyai terlalu banyak pertimbangan. Hal ini justru bisa membuat kita takut untuk memulai.

3) Jangan lewatkan momentum.
Terkadang ada kesempatan yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Jika ada peluang yang menarik, jangan ragu untuk mengambilnya.

4) Kalau dia bisa, kenapa saya harus bisa?
Memiliki impian yang tinggi adalah hal yang bagus. Namun,  angan-angan itu haruslah masuk akal dan sesuai dengan realita. Tidak semua orang yang drop out kuliah seperti Bill Gates akan berakhir sukses seperti dia.

5) Pakai otak dan otot orang lain.
Jangan mau menjadi Superman yang melakukan semuanya sendiri. Produksi misalnya, bisa dilakukan oleh orang lain dan kita yang bertugas menjualnya.

6) Kerja keras kalah sama hoki.
Hoki di sini diartikan sebagai bertemu dengan orang yang tepat, di tempat yang tepat, dan di waktu yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperluas networking.

7) 100% bermimpi, 100% pasrah.
Harus punya tujuan yang jelas, tapi juga pasrah atas hasil kerja keras yang dilakukan.

8) Selalu jadi orang bodoh.
Ketika kita merasa menjadi yang terhebat artinya kita berada di komunitas yang kecil. Akan selalu ada orang yang lebih hebat dari kita.

9) Give without expect to take.
Jangan takut atau malas berinvestasi di karyawan. Dengan karyawan yang pintar, kita pasti akan dapat manfaatnya.

Tag : tips bisnis
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top