Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses Berbisnis Jelang Lebaran Lewat Konten Paling Populer

Dengan konten yang populer, Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan cuan yang lebih besar
Tips bisnis planning/istimewa
Tips bisnis planning/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Di era digital yang terus berkembang, konten telah menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis. 

Konten yang menarik dan relevan bukan hanya dapat menarik perhatian audiens, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Ini membantu meningkatkan kesadaran merek dan, tentu saja, memacu tindakan pembelian. 

Berdasarkan hasil survei Suara UKM Negeri Vol. 4 yang dirilis oleh Ninja Xpress tentang seluk beluk social commerce, 37% UKM merasa dapat bertemu dengan target audiens bisnis mereka melalui konten yang relevan.

Dengan ragamnya evolusi konten di dunia bisnis yang semakin diminati, para pelaku bisnis diharuskan selalu mengikuti tren konten terkini.

Berikut ini 5 tipe konten yang sedang tren pada 2024 untuk UKM jelang lebaran versi Ninja Xpress dan marketing coachOky Andreas

1. Dance Challenge

Awalnya, konten dance challenge dipopulerkan oleh para pencipta konten dan dengan cepat menjadi viral karena gerakannya yang menarik. Banyak pelaku usaha juga turut serta dalam dance challenge ini untuk mengikuti tren di media sosial, seperti yang dilakukan oleh beberapa merek yang berhasil meningkatkan kesadaran merek mereka di TikTok. 

UKM juga dapat memanfaatkan trend dance challenge untuk bisnis UKM dengan mencari tahu konten yang sedang tren di TikTok dan menggunakan lagu-lagu yang populer di platform tersebut.

2. Tutorial

Salah satu jenis konten yang tren di tahun 2024 adalah konten tutorial dalam bentuk video. Menurut techsmith, 83% pengguna media sosial lebih suka konten tutorial. Para kreator menunjukkan langkah-langkah membuat, menggunakan, atau melakukan sesuatu secara jelas dan informatif dalam waktu singkat. Sebagai contoh, UKM bisa melihat tutorial menggambar dan lettering dengan gaya estetis di TikTok. 

UKM bisa membuat konten serupa dengan menentukan audiens dan spesialisasi bisnis, lalu membuat storyboard untuk langkah-langkah tutorial.

3. Hiburan & Komedi

Konten hiburan atau komedi sangat populer di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, YouTube, dll. Jenis konten ini disukai karena sifatnya yang menghibur dan ringan. Konten hiburan memiliki beragam bentuk, seperti lip sync, meme, sketsa komedi, dan prank. Para kreator sering menggunakan filter unik dan lucu di media sosial untuk menarik minat audiens. Dengan menciptakan konten yang menghibur dan relevan dengan minat target audiens, para pelaku usaha dapat meningkatkan views dan tingkat keterlibatan mereka secara signifikan.

4. Fakta atau Informasi

Konten fakta atau informasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari media sosial, seiring dengan tujuan utama platform tersebut untuk menyampaikan informasi. Konten edukatif seringkali memicu rasa penasaran di antara pengguna. Biasanya, konten edukatif disajikan dalam durasi singkat agar tetap menarik perhatian dan minat audiens.

5. Reaksi & Komentar

Konten yang sedang tren di 2024 adalah reaksi atau komentar terhadap topik viral. Hal ini disukai karena orang penasaran dengan respons kreator terhadap tren. Reaksi biasanya unik dan menarik banyak orang, dan terkadang melibatkan tantangan dari audiens atau kreator lainnya.

Di era digital yang terus berkembang, konten telah menjadi jantung dari interaksi kita di media sosial. Mulai dari tutorial hingga reaksi yang sedang hits, kita semua memiliki kesempatan untuk menciptakan pengalaman yang menarik bagi pengguna, membangun merek kita, dan tetap relevan di dunia online khususnya di masa menyambut lebaran ini.

Dengan terus berinovasi dan memberikan konten yang sesuai dengan kebutuhan serta minat audiens kita, kita dapat memperkuat hubungan kita dengan mereka, memperluas jangkauan merek kita, dan meraih sukses dalam bisnis di era digital ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper