Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Bisnis agar UMKM Kantongi Cuan Lewat Data Driven

Tips bisnis agar usaha Anda bisa semakin sukses di TikTok yakni menggunakan pendekatan Data-Driven Decision Making yang terukur dan efektif.
Cara agar dagangan laris terus /iStockphoto
Cara agar dagangan laris terus /iStockphoto

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi Anda yang  ingin memulai bisnis UMKM dan memasarkan secara online, maka simak beberapa tips di bawah ini, agar penjualan laris.

Para pelaku UMKM sering sekali memilih platform digital untuk meraih keuntungan agar tercipta laba yang semakin realistis. Namun, tantangan yang dihadapi adalah persaingan harga yang sengit.

Survei Populix mengungkapkan bahwa 45% masyarakat Indonesia senang berbelanja melalui platform TikTok Shop. Dua bulan lebih TikTok Shop tidak beroperasi di Indonesia menjadi hal yang disayangkan oleh banyak seller online, terutama mereka yang sudah susah payah membangun bisnisnya di TikTok beberapa tahun belakangan ini. 

Namun, tepat pada Harbolnas 12.12 kemarin, TikTok melakukan terintegrasi dengan Tokopedia akses berbelanja di TikTok shop kembali dibuka. Tips bisnis agar usaha Anda bisa semakin sukses di TikTok yakni menggunakan pendekatan Data-Driven Decision Making yang terukur dan efektif. 

Yosef Aji Baskoro, seorang Marketing Coach dan Ninja Xpress, memberikan tips praktis tentang pengambilan keputusan berbasis data untuk pertumbuhan bisnis tanpa harus mengandalkan insting.

TikTok mengelompokkan algoritmanya menjadi dua model utama yakni Stay Model dan Deal Mode:

1. Stay Model

Membuat Orang Menonton Konten Sampai Habis. Dalam model ini, audiens memiliki ketertarikan pada konten yang memotivasi mereka untuk menonton hingga habis dan memberikan respons positif, seperti like, comment, share, dan save. Interaksi ini memberikan data yang berharga, seperti:

● Engagements & Views

Engagements mencerminkan ketertarikan audiens, dan Views didukung oleh berbagai faktor seperti likes, comments, shares, saves, dan average watch time. Semakin konten menarik dan relevan, jumlah likes, comments, shares, dan saves juga meningkat.

● Search

Data ini mencerminkan seberapa sering audiens mencari TikTok Anda. Meningkatkannya dapat dilakukan dengan mengatur username, foto profil, dan elemen lainnya agar akun mudah diingat oleh audiens.

● Average Watch Time

Rata-rata waktu menonton konten sebaiknya tidak lebih dari 8 detik. Jika lebih tinggi, menandakan konten Anda menarik dan diminati audiens. Penggunaan hook video yang menarik, seperti "Tonton sampai habis," dapat meningkatkan average watch time.

● Viewers Demographic

Data ini memungkinkan Anda melihat jenis kelamin dan rentang umur audiens atau followers. Dengan informasi ini, konten dapat disesuaikan untuk menjadi relevan dengan karakteristik audiens, yang dapat meningkatkan views dan engagements.

2. Deal Model: Membuat Orang Langsung Membeli

Deal Model pada TikTok melibatkan audiens yang tidak hanya tertarik dengan konten, tetapi juga terdorong untuk melakukan pembelian setelah melihat promosi dalam konten tersebut. Berikut informasi mengenai beberapa data yang disediakan oleh ads manager di TikTok, agar dapat diakses dan dianalisis:

● Click Through Rate (CTR) & Page Views

CTR menjadi parameter penting untuk menilai sejauh mana iklan dapat menarik perhatian dan mendorong orang untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Konten yang sesuai untuk mencapai hal ini termasuk testimonial, demonstrasi produk, kisah sukses, pengalaman pribadi, dan edukasi.

● Halaman Detail Produk & Add To Cart

Menyediakan deskripsi produk yang menarik, gambar produk yang menarik, review positif, jumlah produk terjual, dan promo atau penawaran khusus dapat mendukung pencapaian ini.

● Complete Payment

Meskipun waktu pembayaran konsumen bervariasi, Anda dapat menciptakan urgensi dengan memberikan diskon atau promo dengan batas waktu tertentu, mendorong mereka untuk segera melakukan pembayaran, terutama saat live di TikTok.

Saat ini TikTok tidak hanya sekadar platform hiburan, melainkan sebuah lahan subur bagi pelaku bisnis untuk meraih kesuksesan finansial. Dengan menggabungkan pengetahuan tentang kedua model algoritma TikTok dan menerapkan Data-Driven Decision Making, bisnis Anda memiliki peluang lebih besar untuk berkembang secara signifikan di platform ini, meningkatkan interaksi, dan meraih keberhasilan finansial yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper