Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat untuk Ekspansi Usaha ke Pasar yang Baru

Produk luar masuk Indonesia harus memerlukan kiat-kiat tertentu, simak berikut ini
Kiat untuk Ekspansi Usaha ke Pasar yang Baru/Freepik.com
Kiat untuk Ekspansi Usaha ke Pasar yang Baru/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menduduki peringkat 73 dalam hal kemudahan berusaha, berdasarkan Doing Business 2020, indeks terbaru Bank Dunia.

Indonesia menduduki peringkat 120 pada tahun 2013. Selain itu, menurut ASEAN Briefing, Indonesia telah mengalami kemajuan perihal prosedur impor dan ekspor.

Saat ini, Indonesia memang mengejar posisi ekonomi terbesar keempat dunia pada 2045.

Selain perkembangan positif yang telah disebutkan di atas, pasar e-commerce Indonesia telah menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Berdasarkan Administrasi Perdagangan Internasional di bawah pemerintah Amerika Serikat, pasar e-commerce Indonesia diperkirakan akan mencapai US$86,81 miliar pada tahun 2028.

Pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 10.4%, perkiraan angkanya mencapai US$52,93 miliar pada tahun 2023.

Perkembangan tersebut berhasil merefleksikan perubahan positif pemerintah Indonesia perihal regulasi setempat yang menyesuaikan lingkungan bisnis.

Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Rocketindo Daniel Liu, mengatakan meski terdengar menarik, proses ini memiliki sejumlah tantangan: pemahaman budaya, aturan yang berlaku, kompleksitas logistik, serta preferensi konsumen lokal.

Dia mengatakan ketika sebuah perusahaan hendak melakukan ekspansi ke pasar yang baru, perusahaan tersebut harus mencari mitra lokal untuk membantu mempermudah izin masuknya ke suatu negara.

"Ekspansi ini memerlukan kiat untuk mencapai konsumen Indonesia, yang menyediakan solusi end-to-end seperti manajemen media sosial, optimasi pemasaran digital, manajemen e-commerce, kolaborasi dan siaran langsung bersama key opinion leader (KOL), saluran perdagangan fisik dan representatif penjualan, serta logistik dan kepatuhan regulasi," ujarnya.

Dia memaparkan salah satunya seperti mempermudah merek-merek internasional mengantongi izin impor, deklarasi bea cukai, serta dokumen-dokumen resmi lainnya.

Dia mengatakan pasar Indonesia memiliki potensi besar untuk ditembus oleh merek-merek internasional, dengan menawarkan peluang dalam nyaris seluruh sektor ekonomi.

Potensi pasar terhadap pertumbuhan dan inovasi menjadikan Indonesia tujuan yang menarik dalam hal investasi dan ekspansi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler