Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiga Cara Tunjukkan Kemampuan Anda Saat Wawancara Kerja

Mendapatkan panggilan wawancara pekerjaan yang sangat diharapkan selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Anda pasti ingin memperlihatkan kesan terbaik tentang diri sendiri untuk perusahaan yang Anda incar.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 13 April 2018  |  07:54 WIB
Ilustrasi - Youtube
Ilustrasi - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Mendapatkan panggilan wawancara pekerjaan yang sangat diharapkan selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Anda pasti ingin memperlihatkan kesan terbaik tentang diri sendiri untuk perusahaan yang Anda incar.

Bagaimana jika Anda diminta menggambarkan diri kepada pewawancara hanya dalam tiga kata? Hati-hati. Pakar manajemen dan kontributor CNBC Suzy Welch, menjelaskan manajer personalia justru tidak menanyakan hal ini untuk mengenal Anda lebih baik.

“Itu bisa didapatkan dalam resume, rekomendasi, dan wawancara Anda. Mereka memintanya untuk mengevaluasi apakah Anda autentik dan memahami tentang diri sendiri,” terang Welch, seperti dikutip CNBC.

Untuk menyampaikan respons terbaik atas pertanyaan itu, ia menyarankan tiga langkah berikut:

1. Jelaskan cara kerja pikiran Anda

Pemberi kerja sangat tertarik pada bagaimana Anda berpikir dan beroperasi. Anda sebaiknya menggunakan salah satu dari tiga kata itu untuk menyampaikan hal tersebut secara akurat.

Welch merekomendasikan menggunakan kata-kata seperti “konseptual”, “kreatif”, “penuh keingintahuan”, “analitis”, atau “metodis” untuk menggambarkan proses berpikir Anda.

Salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan calon pekerja dalam situasi ini adalah menggunakan jargon bisnis. Frasa seperti “berorientasi pada hasil” atau “fokus pada pelanggan” jarang membawa percakapan ke arah yang diinginkan pewawancara.

2. Tunjukkan karakter Anda

Salah satu cara untuk memberi kesan terbaik pada manajer personalia adalah memastikan bahwa skata berikutnya yang Anda sebutkan benar-benar menjelaskan kepribadian Anda.

Menurut Welch, kata-kata seperti "ulet”, “murah hati”, dan “selalu jujur” adalah contoh yang bagus untuk hal ini.

“Saya pernah mendengar satu pelamar menggambarkan dirinya “mengembangkan diri”,” kata Welch. “Resumenya telah menjelaskan hal itu, tetapi saya menyukai kedewasaan yang dibutuhkan untuk mengemukakannya.”

3. Katakan sesuatu yang menarik tentang diri Anda

Kata terakhir Anda, lanjut Welch, sebaiknya menunjukkan hal yang menunjukkan Anda tahu apa yang membuat Anda unik dan disukai dengan karakter itu.

Dia menekankan bahwa tanggapan terbaik adalah yang memberi kesan terhadap seorang pemberi kerja. Istilah positif seperti “optimistis”, “bertanggung jawab”, dan “tenang”, bagus untuk mendeskripsikan diri Anda.

“Tak satu pun dari kita dapat benar-benar menjelaskan diri kita sendiri dalam tiga kata,” tambahnya. “Tetapi jawablah pertanyaan ini dengan penuh kesungguhan dan kesadaran, dan Anda akan melangkah jauh.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wawancara Tips Kerja
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top