Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Cara Tunjukkan Kemampuan Anda Saat Wawancara Kerja

Mendapatkan panggilan wawancara pekerjaan yang sangat diharapkan selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Anda pasti ingin memperlihatkan kesan terbaik tentang diri sendiri untuk perusahaan yang Anda incar.
Ilustrasi/Youtube
Ilustrasi/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Mendapatkan panggilan wawancara pekerjaan yang sangat diharapkan selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Anda pasti ingin memperlihatkan kesan terbaik tentang diri sendiri untuk perusahaan yang Anda incar.

Bagaimana jika Anda diminta menggambarkan diri kepada pewawancara hanya dalam tiga kata? Hati-hati. Pakar manajemen dan kontributor CNBC Suzy Welch, menjelaskan manajer personalia justru tidak menanyakan hal ini untuk mengenal Anda lebih baik.

“Itu bisa didapatkan dalam resume, rekomendasi, dan wawancara Anda. Mereka memintanya untuk mengevaluasi apakah Anda autentik dan memahami tentang diri sendiri,” terang Welch, seperti dikutip CNBC.

Untuk menyampaikan respons terbaik atas pertanyaan itu, ia menyarankan tiga langkah berikut:

1. Jelaskan cara kerja pikiran Anda

Pemberi kerja sangat tertarik pada bagaimana Anda berpikir dan beroperasi. Anda sebaiknya menggunakan salah satu dari tiga kata itu untuk menyampaikan hal tersebut secara akurat.

Welch merekomendasikan menggunakan kata-kata seperti “konseptual”, “kreatif”, “penuh keingintahuan”, “analitis”, atau “metodis” untuk menggambarkan proses berpikir Anda.

Salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan calon pekerja dalam situasi ini adalah menggunakan jargon bisnis. Frasa seperti “berorientasi pada hasil” atau “fokus pada pelanggan” jarang membawa percakapan ke arah yang diinginkan pewawancara.

2. Tunjukkan karakter Anda

Salah satu cara untuk memberi kesan terbaik pada manajer personalia adalah memastikan bahwa skata berikutnya yang Anda sebutkan benar-benar menjelaskan kepribadian Anda.

Menurut Welch, kata-kata seperti "ulet”, “murah hati”, dan “selalu jujur” adalah contoh yang bagus untuk hal ini.

“Saya pernah mendengar satu pelamar menggambarkan dirinya “mengembangkan diri”,” kata Welch. “Resumenya telah menjelaskan hal itu, tetapi saya menyukai kedewasaan yang dibutuhkan untuk mengemukakannya.”

3. Katakan sesuatu yang menarik tentang diri Anda

Kata terakhir Anda, lanjut Welch, sebaiknya menunjukkan hal yang menunjukkan Anda tahu apa yang membuat Anda unik dan disukai dengan karakter itu.

Dia menekankan bahwa tanggapan terbaik adalah yang memberi kesan terhadap seorang pemberi kerja. Istilah positif seperti “optimistis”, “bertanggung jawab”, dan “tenang”, bagus untuk mendeskripsikan diri Anda.

“Tak satu pun dari kita dapat benar-benar menjelaskan diri kita sendiri dalam tiga kata,” tambahnya. “Tetapi jawablah pertanyaan ini dengan penuh kesungguhan dan kesadaran, dan Anda akan melangkah jauh.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper