PELUANG USAHA: Buat CV Berpenampilan Ciamik, Garap Cuan dari Pencari Kerja

Bisnis.com, MATARAM -- Peluang banyaknya para pencari kerja yang membutuhkan lembaran daftar riwayat hidup nampaknya ditangkap dengan baik oleh Aris Ginanjar. Sadar perusahaan ingin mendapat sesuatu yang berbeda dari tumpukan surat lamaran yang masuk, Aris lantas menawarkan jasa untuk membuat desain riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang lebih menarik.
Eka Chandra Septarini | 01 Mei 2018 12:08 WIB
membuat CV dengan tampilan ciamik./.Bisnis - Eka Chandra Septarini

Bisnis.com, MATARAM -- Peluang banyaknya para pencari kerja yang membutuhkan lembaran daftar riwayat hidup nampaknya ditangkap dengan baik oleh Aris Ginanjar. Sadar perusahaan ingin mendapat sesuatu yang berbeda dari tumpukan surat lamaran yang masuk, Aris lantas menawarkan jasa untuk membuat desain riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang lebih menarik.

"Saya menjalankan bisnis desain untuk pembuatan daftar riwayat hidup yang menarik. Selama ini masih banyak CV yang biasa padahal HRD sangat tertarik dengan CV yang menarik. Prospeknya sangat bagus. Jutaan orang di luar setiap hari cari kerja. Dan pastinya mereka butuh CV yang menarik," ujar Aris kepada Bisnis.

Meskipun baru setahun serius menggeluti bisnis ini, Aris mengaku pesanan untuk mendesain riwayat hidup yang masuk sudah banyak. Bahkan, saat ini sudah ada 17 orang yang bekerja bersamanya yang terdiri dari 15 orang desainer, 1 orang admin, dan 1 orang staf keuangan.

Melalui akun instagram @jogjacvdesign.id, Aris menawarkan layanan pembuatan desain daftar riwayat hidup yang tergolong singkat. Pandangan tentang proses desain yang memakan waktu lama coba ditepisnya dengan memberikan layanan hanya dalam hitungan hari. Bahkan, ada layanan yang hanya membutuhkan 5 jam proses pengerjaan.

Harga yang ditawarkan untuk membuat satu desain daftar riwayat hidup pun tergolong terjangkau. Mulai dari Rp25.000 untuk paket CV yang diselesai dalam 24 jam, Rp50.000 untuk paket pengerjaan dalam 12 jam, hingga Rp75.000 untuk paket yang selesai dalam waktu 5 jam.

"Kami menawarkan waktu pengerjaan yang lebih singkat. Mungkin itu belum ada di jasa desain lain. Ada yang 24 jam 12 jam dan 5 jam jadi dan harganya berbeda-beda," ujar Aris.

Dalam sehari, Aris dan timnya bisa mendapat 4 hingga 5 orderan dengan omzet Rp2,8 juta per bulan. Biasanya, para pencari kerja yang membutuhkan desain daftar riwayat hidup banyak melakukan order di hari kerja.

"Kalau Sabtu dan Minggu sedikit karena orang-orang banyak yang liburan dan tidak memikirkan mau bikin CV untuk melamar bekerja," ujarnya.

Selain menerima desain daftar riwayat hidup, Aris dan timnya juga menerima jasa pembuatan desain untuk surat lamaran. Biasanya, surat lamaran yang memiliki konsep menarik yang sama dengan daftar riwayat hidup memiliki peluang untuk menarik minat baca yang lebih besar.

Aris memberikan kesempatan bagi para pelanggannya untuk memberikan masukan dan perbaikan untuk desain daftar riwayat hidup yang dipesan sebelum data desain dikirimkan kepada pelanggan. Aris juga tidak keberatan apabila ada permintaan desain khusus dari pelanggan yang menggunakan jasanya.

Bergelut dibidang desain yang membutuhkan laptop dan komputer sebagai sarana kerja utama, membuat tim desain harus bisa menyiasati agar peralatan kerja tersebut tetap prima. Pasalnya, tak jarang laptop atau komputer yang rusak menjadi kendala yang dihadapi dalam mengerjakan bisnis ini.

"Kami akan merekrut designer lebih banyak lagi untuk persiapan kalau ada banyak orderan. Karena kami rasa ini juga bisa menjadi kesempatan berkarya bagi desainer-desainer muda," ujarnya.

Aris berharap karya-karya desain yang dikerjakannya tidak hanya bisa diperoleh oleh masyarakat di wilayah Jogja semata. Target untuk menjangkau para pencari kerja di seluruh Indonesia menjadi cita-cita yang ingin diraihnya.

 

Tag : peluang usaha
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top