Jawablah 7 Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Bisnis

Memulai bisnis tidaklah sulit, asal Anda mengetahui dasar pertanyaan dalam membangun bisnis.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  18:52 WIB
Jawablah 7 Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Bisnis
entrepreneur (ilustrasi)

Bisnis.com, JAKARTA-- Sebagaian orang yang bekerja di kantor memiliki gol untuk memiliki bisnis sampingan. Impian tersebut berbisnis tersebut harus diwujudkan secara kreatif dan penuh keberanian.

Apakah Anda yakin dapat membangun bisnis sampingan yang sukses? Bagaimana cara anda membangun bisnis sampingan, padahal Anda bekerja paruh waktu?

Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum memutuskan membangun bisnis pribadi. Sebab, bisa saja bisnis sampingan Anda berpotensi menjadi solusi jangka panjang untuk kebutuhan finansial dan pengalaman hidup yang memperkaya.

Apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai usaha sampingan yang sukses? Anda harus memulai proses penemuan. Mengutip dari Entrepreneur.com, ada tujuh pertanyaan yang harus di jawab untuk membantu Anda memulai usaha baru.

1. Apa yang akan Anda ambil dari 'tas?'
Bayangkan hidup Anda seperti sebuah tas. Anda memiliki banyak tanggung jawab dan tugas. Kemungkinannya, sudah begitu penuh sehingga Anda hampir tidak bisa menutupnya.

Jika Anda menambahkan membangun bisnis, Anda tidak akan dapat menutup tas - jangan pernah mencoba mengambilnya dan membawanya bersama Anda.

Satu-satunya solusi adalah melepaskan sesuatu yang kurang penting pada saat ini. Jika Anda tidak dapat meninggalkan pekerjaan Anda, Anda harus mengurangi waktu yang Anda habiskan di tempat lain. Hal yang harus Anda kurangi adalah melewatkan sesi menonton pesta di depan layar hingga mempertimbangkan untuk mengurangi waktu bersama teman-teman.

2. Apakah Anda bersemangat dengan bisnis Anda?
Memulai bisnis tidak mudah, terutama ketika Anda menambahkannya ke upaya yang sudah Anda berikan dalam pekerjaan rutin Anda.

Menghasilkan uang janganlah menjadi satu-satunya motivasi Anda. Sebab itu tidak akan cukup untuk menopang Anda ketika Anda menghadapi tantangan.

Anda harus benar-benar bersemangat tentang bisnis Anda dan potensinya di dunia. Jika Anda ingin sukses, Anda harus mencintai bahkan proses membangun mimpi itu dari bawah ke atas.

Ini pertanyaan sederhana namun sangat penting. Jika Anda tidak dapat membayangkan diri Anda mengerjakan ide bisnis Anda - dan menyukainya - 10 tahun dari sekarang, Anda perlu ide lain.

3. Apa saja sumber daya yang berada di tangan Anda?
Banyak orang berpikir tentang uang tunai atau modal lain, tetapi ini sangat berhubungan dengan sumber daya bagi bisnis Anda. Mungkin Anda dan mitra bisnis dapat berbagi biaya hosting situs web atau server, atau mungkin Anda kenal seseorang yang dapat bertindak sebagai mentor untuk memberi tahu Anda selama fase startup.

Berikan pertanyaan ini dengan hati-hati dan catat setiap aset yang dapat Anda gunakan untuk bisnis baru Anda.

4. Sumber daya apa yang masih Anda butuhkan?
Buat daftar baru. Sertakan segala sesuatu mulai dari orang-orang yang Anda perlukan di tim Anda hingga pengeluaran yang tidak dapat Anda hindari (web hosting dan desain digital yang solid adalah dua hal yang segera muncul dalam pikiran).

5. Siapa pelanggan ideal Anda?
Membuat personal pelanggan adalah langkah penting untuk membantu Anda mengkomunikasikan pesan Anda dengan jelas. Saat Anda mengenali pelanggan, maka mereka juga akan mengenali produk Anda.

Membuat profil terperinci (alat isi-kosong-dapat membantu) untuk menggambarkan demografi mereka, karakteristik mereka dan motivasi mereka. Berapa kisaran usia mereka? Apakah gender itu penting?

Anda juga dapat mencari penelitian untuk mendukung untuk mencari kondisi psikologis pelanggan. Lakukan apa saja untuk menemukan apa yang mereka sukai, buku apa yang mereka baca dan apa yang membangunkan mereka di malam hari.

6. Apa masalah yang akan dipecahkan di bisnis Anda?

Jika Anda telah mengenal pelanggan ideal, maka tidak akan sulit untuk mengidentifikasi masalah pelanggan Anda.

Misalnya, jika bisnis Anda menawarkan strategi penurunan berat badan untuk pria yang sedang kuliah. Maka masalah pelanggan ideal adalah menghilangkan lemak tanpa merusak gaya hidupnya.

Membuat skenario masalah hingga solusi yang jelas akan lebih mudah untuk membangun penggemar. Pada kondisi ini, Anda seolah-olah berbicara langsung kepada mereka.

7. Siapa yang melakukan bisnis seperti Anda? Bagaimana cara mereka mencapai tujuannya?

Temukan seseorang yang telah mencapai beberapa tonggak dalam perjalanan untuk memulai kesuksesan di bisnis yang akan Anda jalani. Tidak harus di ceruk yang sama, meskipun itu tentu akan lebih baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pebisnis

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top