Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pebisnis, Ini Alasan yang Tepat Pilih Opsi Waralaba

Diversifikasi portofolio investasi membantu Anda memaksimalkan pengembalian dan meminimalkan risiko.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 15 Juni 2020  |  15:00 WIB
Waralaba
Waralaba

Bisnis.com, JAKARTA -- Saat Anda maju dalam perjalanan kewirausahaan, Anda akan mulai memikirkan cara-cara baru untuk mengembangkan dan memperluas kemampuan bisnis.

Diversifikasi portofolio investasi membantu Anda memaksimalkan pengembalian dan meminimalkan risiko.

Kewirausahaan adalah salah satu berani yang diambil para pebisnis untuk terjun ke dalam diversifikasi dan membawa mereka pada kemajuan karir. Tetapi ada opsi lain yang perlu dipertimbangkan, yakni franchise atau waralaba.

Dilansir melalui Forbes, waralaba dapat memberikan Anda manfaat kewirausahaan yang minim risiko. Meskipun ini langkah yang signifikan, waralaba adalah pilihan yang dapat diambil oleh para profesional bisnis yang ingin mengambil kesempatan untuk melebarkan sayap.

Berikut adalah lima skenario yang mungkin Anda temukan ketika mulai mempertimbangkan opsi waralaba:

1. Siap untuk kepemilikan bisnis, tetapi masih perlu bimbingan.

Memiliki bisnis adalah pekerjaan serius, perlu banyak belajar dan tidak banyak ruang untuk coba-coba. Anda mungkin siap untuk memberikan hak kepemilikan, tetapi Anda juga akan mencari beberapa petunjuk saat mengambil risiko.

Dengan waralaba, Anda memasukkan diri ke dalam skenario di mana Anda akan mendapatkan semua bantuan yang Anda butuhkan.

Sebagai franchisee atau pemilik waralaba, Anda akan menerima banyak bantuan dari franchisor, serta dari franchisee lain yang dapat Anda hubungi.

Anda akan memiliki akses ke sumber daya pemasaran dan sistem yang sudah tersusun rapi, yang umumnya tidak dimiliki pengusaha ketika mereka baru memulai bisnis. Ini adalah bagian dari mengapa waralaba cenderung berhasil pada tingkat yang lebih tinggi daripada bisnis baru dimulai dari awal.

2. Punya modal, tetapi tidak punya ide.

Menjadi pemilik bisnis, dalam arti apa pun, membutuhkan banyak ketabahan dan keuletan, tetapi merumuskan bisnis dengan tangan kosong adalah tugas yang berat.

Ada banyak orang yang ingin mencoba membangun bisnis tanpa harus memikirkan ide merek dan produk. Jika Anda merasa mampu mengelola operasi bisnis, pertimbangkan opsi waralaba.

Pilihan ini membutuhkan beberapa biaya awal yang besar, tetapi Anda mendapatkan hak istimewa untuk melewati beberapa tahap sulit dari kewirausahaan. Waralaba menjadikan Anda bagian dari market yang sudah mantap.

Secara sederhana, yang perlu Anda lakukan hanya bekerja sesuai standar merek dan memastikan operasional cabang berjalan lancar. Anda tidak perlu repot-repot memikirkan hal lain.

3. Tertarik pada kepemilikan, tetapi menginginkan opsi turnkey.

Waralaba turnkey memudahkan orang dengan keterampilan menjalankan bisnis.

Pada dasarnya, bekal Anda hanya pengalaman bisnis, dan pemilik waralaba akan menyediakan bangunan dan peralatan untuk Anda. Investasi awal Anda menyediakan semua yang Anda butuhkan.

Istilah "turnkey" mengacu pada paket yang begitu lengkap dalam menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk memulai unit waralaba, yang harus Anda lakukan hanya "memutar kunci" untuk membuka pintu bisnis.

4. Sedang mempertimbangkan opsi investasi, tetapi ingin mencari jalan yang menantang.

Membeli waralaba bukanlah skema kilat untuk cepat kaya dengan meningkatkan penghasilan tahunan Anda setelah pembelian awal. Memiliki dan mengoperasikan waralaba membutuhkan waktu; Anda harus siap untuk berkomitmen agar berhasil.

Waralaba memberi Anda pilihan investasi yang juga menantang keterampilan profesional Anda dan memberi Anda tempat untuk memanfaatkan waktu dan keahlian Anda.

Opsi ini bisa menjadi pilihan bagus jika Anda ingin berganti karier atau pensiun dari pekerjaan Anda saat ini. Anda dapat mengembangkan sumber pendapatan baru sambil tetap membuat diri Anda sibuk.

5. Menginginkan kepemilikan bisnis dengan prospek menjanjikan.

Memulai bisnis sulit namun memuaskan. Sayangnya, bahkan startup yang paling sukses pun tidak dapat membuka cabang dengan beberapa lokasi toko yang memberikan pendapatan yang konsisten.

Jika Anda menjadi pewaralaba yang sukses, tidak banyak hambatan yang dapat menahan Anda untuk berkembang dengan franchise kedua di organisasi yang sama.

Anda dapat mendorong diri Anda melampaui batas untuk memiliki dan mengelola bukan hanya satu, tetapi dua, waralaba, yang merupakan bukti dorongan dan komitmen Anda sebagai wirausaha.

Luangkan waktu untuk merenung dan melihat apakah salah satu dari skenario ini cocok dengan kondisi Anda sekarang. Jika ada dorongan wirausaha yang ingin sekali Anda coba, waralaba mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waralaba tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top