Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Tantangan Dalam Membuat Rencana Bisnis

Rencana bisnis ini, menjadi langkah awal dalam menentukan jenis bisnis, jumlah modal, dan stratetegi bisnis yang akan Anda jalani ke depannya.
Ilustrasi rencana bisnis
Ilustrasi rencana bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam memulai bisnis, apapun itu bentuknya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat rencana bisnis.

Rencana bisnis ini, menjadi langkah awal dalam menentukan jenis bisnis, jumlah modal, dan stratetegi bisnis yang akan Anda jalani ke depannya.

Sayangnya, membuat rencana bisnis tidak semudah diucapkan. Kadangkala orang malas membuatnya atau merasa kurang penting.

Jika Anda termasuk orang yang berenana memulai bisnis, sebaiknya mengetahui apa saja tantangan dalam membuat rencana bisnis seperti dikutip dari bussinessdaily.com berikut ini menurut beberapa ahli : 

1. Memulai

Bagian tersulit tentang menulis rencana bisnis adalah memulainya. Kunci dirimu di kamar, matikan teleponmu, dan fokus." Ujar John Gavigan, direktur pelaksana, Endeavour

2. Mengidentifikasi arus kas dan proyeksi keuangan

Sulit untuk memproyeksikan angka pada bisnis baru dengan, mungkin, konsep baru. Tidak ada peta jalan, tidak ada yang mengikuti. Yang terbaik yang Anda Yang bisa dilakukan adalah menemukan perusahaan serupa dan mencoba mengukur apa yang mereka hasilkan. Demikian kata Rosemary O'Brien, pemilik, Pocket Parks Publishing

3. Mengetahui target pasar Anda

Bagian yang paling sulit tetapi paling penting adalah membuat target demografi Anda ditampilkan dengan benar. Anda perlu tahu dengan siapa Anda akan menjual dan seberapa besar pasar untuk memperkirakan dengan akurat berapa banyak orang yang dapat Anda jangkau dan jual produk Anda atau layanan untuk. Ujar David Batchelor, pendiri, DialMyCalls

4. Mempersingkat proses

Salah satu tantangan utama adalah menjaganya tetap pendek dan manis. Semakin rencana yang ringkas dan terfokus adalah, semakin besar kemungkinan pemilik bisnis untuk mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri dan bisnis mereka." Menurut Rick Faulk, CEO, Robotika Lokus dan Logistik CalmLocus Robotics and Quiet Logistics.

5. Membuatnya menarik

Hal tersulit tentang menulis rencana bisnis adalah bisa menceritakan kisahmu sedemikian rupa sehingga orang-orang setuju dengan gagasanmu. Jika kamu menceritakan kisah yang buruk, orang tidak akan mau berinvestasi." Ungkap MJ Pedone, presiden dan pendiri, Public Relations Indra.

6. Menetapkan tujuan

Menetapkan tujuan yang jelas, singkat dan dapat dipahami - tujuan ini juga harus realistis. Ketika orang tidak dapat melihat visi rencana, mereka tidak akan mengambil tindakan untuk mengejar rencana. Selain itu, dengan menetapkan tujuan yang selaras dengan Anda rencanakan, Anda memiliki target yang dapat diukur untuk melacak kemajuan Anda. "  Kata Mike Rodriguez, pelatih dan konsultan bisnis

7. Bersikap realistis tentang pertumbuhan bisnis

Anda perlu jujur dengan diri Anda sendiri. Pengusaha, pada dasarnya, pemimpi dan optimis, dan rencana bisnis mengharuskan mereka untuk menantang asumsi mereka tentang peluang pasar, persaingan, nilai produk mereka, dan proyeksi pertumbuhan. Di sanalah mereka terjebak dalam mendefinisikan rencana bisnis yang aspiratif tetapi agak realistis. " ujar Vikram Aggarwal, CEO dan pendiri, EnergySage

8. Membuktikan bahwa ide Anda sepadan

Tantangan umum adalah mampu mengekspresikan ide dan prospek Anda untuk pertumbuhan dalam jumlah besar. Jika Anda mencari modal, angka adalah yang paling penting. Investor dan pemberi pinjaman akan melihat proyeksi dan menentukan prospek bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Mereka akan menginginkan pengembalian investasi dari waktu ke waktu, apakah itu satu tahun, lima tahun atau apa pun yang disepakati para pihak. " Tutur Rick Cottrell, CEO dan pemilik, BizResults.com

9. Menemukan jumlah fleksibilitas yang tepat

Hal yang paling sulit tentang menulis rencana bisnis adalah membuatnya cukup fleksibel untuk memungkinkan perubahan tanpa membuatnya begitu fleksibel sehingga tidak benar-benar rencana. Ada media bahagia antara dunia-dunia ini, dan di sinilah tempat paling suksesnya ditemukan." - Idan Shpizear, co-owner dan co-founder, 911 Restoration berbagi pengalaman.

10. Membuat strategi 

"Dalam pengalaman saya, tantangan terbesar yang dihadapi CEO adalah menciptakan rencana bisnis yang benar-benar dapat dilaksanakan dengan sukses. Banyak perusahaan membuat rencana, tetapi terlalu sering, rencana itu diletakkan di rak dengan tindakan yang tidak dilakukan, target tidak terpenuhi." Kata Renee Fellman, pakar turnaround, dan CEO agen perubahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper