Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Cara Mulai Usaha Tanpa Modal

Banyak bisnis yang sebetulnya dapat dijalankan hanya dengan modal yang kecil bahkan tanpa perlu modal sama sekali. Kuncinya adalah kreatif dan tekun.
Pegawai Bank menunjukkan uang rupiah di kantor cabang di Jakarta, Senin (2/3/2020). Bisnis/Abdurachman
Pegawai Bank menunjukkan uang rupiah di kantor cabang di Jakarta, Senin (2/3/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Banyak orang yang berpikir untuk memulai usaha dibutuhkan dana yang besar.

Padahal, banyak bisnis yang sebetulnya dapat dijalankan hanya dengan modal yang kecil bahkan tanpa perlu modal sama sekali. Kuncinya adalah kreatif dan tekun.

Dikutip dari www.businessknowhow.com, berikut 10 cara yang dapat dilakukan untuk memulai usaha tampa modal

1. Kenali dan Gunakan Aset yang Anda Miliki

Mungkin saat ini Anda hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada uang tunai yang dapat diinvestasikan dalam bisnis. Namun, Anda memiliki aset dan kemampuan yang dapat digunakan untuk memulai bisnis.
Gunakanlah keterampilan dan asset yang sudah Anda miliki. Mulailah dengan membuat daftar hal-hal yang sudah Anda ketahui dan siap untuk melakukannya. Pertimbangkan jenis bisnis apa yang dapat Anda mulai dengan menggunakan keterampilan dan kemampuan tersebut. Selanjutnya, manfaatkan barang yang Anda miliki untuk dapat dipergunakan dalam bisnis.
Misalnya, jika Anda memiliki komputer dan ponsel, manfaatkanlah peralatan tersebut untuk memulai bisnis secara online.

Anda dapat mempromosikan berbagai informasi tentang layanan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Gunakan smartphone Anda untuk mempublikasikan bisnis Anda melalui foto dan video yang bisa dishare melalui instagram atau platform media sosial lainnya.

2. Jual Pengetahuan dan Keterampilan Anda

Apakah Anda memiliki keterampilan tertentu? Anda dapat memulai bisnis konsultasi, program pelatihan, atau bisnis bimbingan tanpa dana apa pun. Semua yang Anda butuhkan untuk menciptakan bisnis sudah ada di dalam kepala Anda. Untuk mewujudkannya, gunakan koneksi pribadi, panggilan telepon, media sosial, dan alat online lainnya. Memoles keterampilan jaringan offline Anda juga.

3. Mulai Bisnis Layanan

Jika Anda tidak memiliki modal awal, bisnis berbasis layanan adalah opsi memulai berbiaya rendah lainnya. Bisnis berbasis produk mengharuskan Anda untuk membeli dan kemudian menjual kembali. Bisnis berbasis layanan seperti pembinaan, menjadi asisten virtual, desain web, atau layanan pembersih rumah hanya membutuhkan pengetahuan dan peralatan yang mungkin sudah Anda miliki.

4. Memanfaatkan Hobi Anda

Bisnis hobi sering kali berasal dari kecintaan seseorang terhadap sesuatu. Mungkin Anda memiliki pekerjaan korporat di siang hari tetapi Anda suka membuat kue ketika Anda pulang. Mulailah dengan membuat kue dan promosikan ke orang-orang terdekat melalui media sosial. Biaya pemasaran Anda nol dan Anda masih memiliki uang yang masuk dari pekerjaan Anda.

5. Bekerja dari Rumah

Menyewa kantor atau ruang ritel mahal. Ini adalah sesuatu yang Anda mungkin ingin atau perlu lakukan untuk menumbuhkan bisnis di masa depan, tetapi ketika Anda baru memulai, cari cara untuk bekerja dari rumah. Jika Anda bekerja dari rumah, bisnis tidak perlu uang untuk disewakan, utilitas, dan perabot kantor.

6. Gunakan Teknik Pemasaran Gratis dan Murah

Ada banyak cara gratis dan murah untuk memasarkan bisnis. Pelajari dan terapkan sebelum Anda mulai menghabiskan uang untuk iklan berbayar. Menggunakan strategi promosi gratis pada awalnya akan membantu Anda melihat apakah ada pasar untuk barang atau jasa Anda, dan itu akan membantu Anda mulai memahami apa yang menarik pelanggan sehingga Anda tidak membuat kesalahan mahal setelah Anda siap untuk membeli iklan.

7. Lakukan Semua Pekerjaan Sendiri

Pada awalnya andalkan modal keringat Anda sendiri untuk memulai bisnis tanpa uang. Harapkan hari-hari yang panjang dan kebutuhan untuk belajar bagaimana melakukan hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya seperti pemasaran, penjualan, akuntansi atau bahkan membangun situs web.

Anda dapat mempelajari cara melakukan beberapa tugas ini secara gratis dengan mencari di web atau YouTube. Anda juga dapat menemukan kelas murah di Udemy.com dan di mana pun secara online. Melakukan semua tugas ini sendiri pada awalnya menghemat uang Anda dan juga akan membantu Anda memahami jenis keterampilan apa yang dibutuhkan setiap kegiatan saat bisnis menghasilkan laba yang cukup untuk mempekerjakan karyawan.

8. Mulai Impian Secara Sederhana

Anda mungkin termasuk bisnis yang cukup besar yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan tetapi untuk saat ini, tetap sederhana. Jual satu produk atau layanan. Bangun basis pelanggan Anda dan kemudian cabutlah produk dan layanan lainnya. Salah satu bagian paling mahal dari menjalankan bisnis adalah memperoleh pelanggan. Jika Anda mendapatkan kepercayaan mereka dengan satu produk atau layanan sekarang, menjual sesuatu yang lain nanti jauh lebih mudah.

9. Bekerja untuk Orang Lain

Meskipun mereka mungkin tidak mengakuinya, sebagian besar pemilik bisnis menjadi pengusaha berpikir mereka tahu lebih dari apa yang mereka lakukan. Faktanya, banyak bisnis gagal karena orang itu tidak memiliki perlengkapan untuk membangun bisnis yang sukses.

Sebelum Anda memulai bisnis sendiri, bekerjalah atau magang dengan seseorang dalam bisnis ini. Pengalaman yang Anda peroleh memungkinkan Anda untuk memulai bisnis dengan mengetahui apa yang benar-benar Anda butuhkan untuk menghabiskan uang dan apa yang tidak Anda butuhkan. Anda juga akan mendapatkan pengetahuan orang dalam tentang industri dan mungkin daftar pelanggan yang sehat dari awal.

10. Barter

Tidak punya uang? Tawarkan untuk menukar layanan Anda dengan imbalan orang lain. Tidak banyak pemilik usaha kecil yang tidak mencari cara untuk mendapatkan layanan berkualitas dengan sedikit atau tanpa biaya. Apa yang Anda miliki, mereka inginkan, dan mereka bersedia menukarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper