Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Empat Cara Mudah Meningkatkan Reputasi Bisnis

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan reputasi Anda secara konsisten adalah dengan menawarkan nilai di media sosial.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  18:57 WIB
Ilustrasi Strategi bisnis - bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Reputasi penting dalam bisnis - baik secara online maupun dari mulut ke mulut. Faktanya, statistik yang dilakukan oleh reputationX baru-baaru ini mencatat bahwa 49 persen konsumen perlu melihat setidaknya peringkat empat bintang sebelum berinteraksi dengan bisnis apapun, dan bukan hanya satu peringkat empat bintang.

Pelanggan rata-rata ingin melihat setidaknya tujuh ulasan bagus sebelum mempercayai bisnis.

Reputasi yang buruk dapat membuat pelanggan menjauhi bisnis Anda tanpa pernah memberi Anda kesempatan, dan juga dapat menghalangi calon karyawan untuk bergabung dengan tim Anda.

Ada banyak kejadian potensial yang dapat merusak reputasi Anda: pesaing mengatakan sesuatu yang buruk, krisis PR menjadi tidak terkendali, atau pelanggan dengan akun media sosial yang besar bersuara tentang pengalaman buruk.

Meskipun tidak satu pun dari kejadian ini yang terjadi (dan, semoga tidak pernah terjadi!), Perhatian untuk memperkuat reputasi perusahaan Anda sejak awal selalu disarankan.

Menurut Forbes, berikut empat cara mudah untuk meningkatkan reputasi perusahaan Anda.

1. Beri PenghargaanTerhadap Ulasan Pelanggan.

Karena ulasan sangat penting bagi pelanggan baru, pikirkan cara-cara agar Anda dapat memperoleh lebih banyak ulasan. Sebenarnya, pelanggan jarang memberikan ulasan kecuali terjadi sesuatu yang tidak memuaskan. Menurut Review Trackers, konsumen 21 persen lebih mungkin meninggalkan ulasan setelah melalui pengalaman negatif daripada pengalaman positif.

Jadi, untuk mendorong lebih banyak ulasan, direkomendasikan untuk menawarkan insentif untuk setiap ulasan yang mereka tinggalkan, karena tidak etis untuk hanya memberi penghargaan untuk ulasan positif.

2. Maksimalkan Layanan Anda.

Untuk memastikan ulasan yang Anda terima bagus, dan untuk memastikan info tentang bisnis Anda menyebar dengan baik dari mulut ke mulut, pastikan Anda melakukan yang terbaik dengan layanan Anda.

Pikirkan cara-cara untuk menunjukkan kepada pelanggan betapa mereka berarti bagi Anda, dan sebagai hasilnya, buat mereka merasa istimewa. Tidak ada yang pernah melupakan bisnis yang melampaui dan melampaui batas.

3. Bersikaplah Terbuka Ketika Menanggapi Ulasan Buruk.

Mendapatkan ulasan yang buruk tidak pernah menyenangkan, tetapi meskipun Anda melakukan semuanya dengan 'benar', kemungkinan Anda akan menerimanya masih tinggi. Sederhananya, Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Tapi, Anda bisa belajar dari keluhan mereka. Karena Anda tidak dapat menghapus ulasan di Yelp dan Google, tindakan terbaik adalah membalas setiap ulasan - positif dan negatif.

"Tanggapan Anda terhadap ulasan negatif Anda adalah peluang besar untuk menunjukkan kepada calon klien dan pelanggan profesionalisme Anda, kepedulian Anda dalam berbisnis, kecepatan dan kemauan Anda untuk memperbaiki situasi, dan tingkat tanggung jawab yang Anda ambil ketika ada sesuatu yang salah, "tulis Rachel Arst McCollough.

4. Buat Penawaran dengan Nilai Baik di Media Sosial

Terakhir, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan reputasi Anda secara konsisten adalah dengan menawarkan nilai di media sosial. Pikirkan cara-cara untuk membangun kepercayaan dengan target audiens Anda dengan memberi mereka nilai ini secara gratis. Dengan begitu, mereka melihat Anda sebagai ahli dan mengandalkan keahlian Anda, dan dapat membuktikan reputasi Anda bahkan jika mereka belum membeli dari Anda.

Dari sini, tidak ada batas pada setiap kemungkinan. Selain mengajari pelanggan target pasar Anda sesuatu yang terkait dengan produk atau layanan Anda, pertimbangkan bagaimana Anda dapat membuat konten yang menarik untuk dikonsumsi.

Ini dapat membantu dalam membangun pengikut organik, yang juga membantu reputasi bisnis Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

strategi bisnis tips bisnis Reputasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top