Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pentingnya Kolaborasi E-commerce untuk Populerkan Produk Lokal

Pandemi ini membawa kita (industri digital) untuk memiliki semangat kolaborasi untuk menciptakan transformasi teknologi bersama-sama,”
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  14:49 WIB
Talkshow terkait umkm di ecommerce
Talkshow terkait umkm di ecommerce

Bisnis.com, JAKARTA - Komisaris SEA Group Indonesia, Pandu Sjahrir mengingatkan kepada para CEO untuk terus mendorong program Bangga Buatan Indonesia yang diinisiasi oleh pemerintah.

“Pandemi ini membawa kita (industri digital) untuk memiliki semangat kolaborasi untuk menciptakan transformasi teknologi bersama-sama,” ujar Pandu dalam siaran persnya.

Pandu juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah melalui program Bangga Buatan Indonesia yang ingin menggunakan teknologi sebagai penggerak rantai ekonomi. Hingga 5 minggu pertama dari program tersebut dibuat, sudah ada 1 juta pelaku umkm berpindah dari offline ke online.

Hal senada juga disampaikan oleh CEO Tokopedia William Tanuwijaya. Menurut data yang ada, dirinya menyampaikan bahwa pandemi mendorong kesadaran pelaku bisnis dan masyarakat untuk masuk ke era digital. Ia sepakat bahwa pandemi yang terjadi telah mendorong percepatan transformasi digital yang ada.

“Di China saat ini transaksi digital mencapai 35%, di US saja baru 15%. Namun di Indonesia bila melihat beberapa sumber data menyebutkan transaksi digital kita baru 5% bahkan ada yang menyampaikan 3%,” tambah William.

Pandu yang juga seorang investor startup menambahkan bahwa pandemi justru mempercepat perencanaan yang telah dibuat. Business Plan yang telah disusun untuk 2022 justru langsung dieksekusi di tahun ini. Ia melihat bahwa saat ini telah terjadi irreversible trend dan perubahan pola penjualan. Melalui e-commerce yang ada sekarang kebutuhan masyarakat lebih cepat terpenuhi dan mampu menolong jutaan pelaku UMKM.

Rachmat Kaimuddin, CEO baru Bukalapak juga berbagi bahwa di kondisi yang berat saat ini para pelaku industri digital perlu lebih kreatif dan inovatif.

“Kita harus bersama-sama mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19,” ujar Rachmat.

Pandu mengingatkan bahwa masih banyak proses yang harus dilalui. Pelaku industri digital Indonesia masih harus terus belajar dari negara-negara yang perkembangannya sudah lebih cepat seperti US, China bahkan dari Singapura.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm ecommerce
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top