Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siswa SMP Sukses Berbisnis Ikan Cupang Hingga Singapura dan Malaysia

Ikan cupang merupakan jenis ikan hias tawar yang memiliki tampilan warna-warni yang dijual dari harga puluh ribu rupiah hingga jutaan rupiah.
Bisnis ikan cupang (guppy) semakin marak selama pandemi./@elbetta_cupang
Bisnis ikan cupang (guppy) semakin marak selama pandemi./@elbetta_cupang

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah membawa berkah tersendiri bagi sejumlah pelaku bisnis, salah satunya Elang Kamil, Pemilik Elbetta Cupang. Di usianya yang masih 14 tahun, pria asal Cimahi ini sukses mengembangkan bisnis ikan cupang.

Menurut Elang, selama masa pandemi ini, permintaan terhadap ikan cupang hias terbilang cukup tinggi. Pasalnya, banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah dan mengisi waktu senggangnya dengan menjalankan hobi, salah satunya memelihara ikan cupang.

“Alhamdulillah, selama masa pandemi ini penjualan semakin meningkat,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (14/9/2020).

Meski usianya terbilang masih muda, tetapi Elang cukup serius dalam menjalankan usaha yang baru dimulainya pada September 2019. Remaja yang masih duduk dikelas 3 SMP ini bahkan memanfaatkan berbagai media sosial dalam proses pemasaran.

Salah satunya yang cukup banyak mendatangkan pembeli adalah melalui instagram miliknya @elbetta_cupang yang saat ini sudah memiliki 11 ribu pengikut. Bahkan diakui olehnya dalam satu bulan terakhir ini, transaksinya sudah mulai stabil dan terus meningkat.

 “Dulu penjualan masih belum tentu karena saya belum terlalu fokus memasarkan di instagram. Sekarang ketika saya fokus dan penjualan di instagram sudah stabil, rata-rata per hari transaksi paling minimal Rp500.000 dalam satu bulan terakhir ini,” ujarnya.

Elang sendiri mendapatkan ikan cupang tersebut dari beberapa supplier yang ada di daerah Cimahi dan beberapa dari Jakarta. Ketika ada yang cocok dan sesuai, maka dia akan melakukan negosiasi dan terjadi proses jual beli.

Penjualannya saat ini tak hanya terbatas di Indonesia saja, dia bahkan sudah mampu memasarkan produknya hingga ke mancanegara seperti Singapura dan rencana proses pengiriman ke Malaysia dalam waktu dekat.

Ikan cupang sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias tawar yang memiliki tampilan warna-warni yang begitu cantik dengan kisaran harga yang mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah. Belakangan, ikan hias ini cukup digandrungi karena selain bisa menjadi hobi juga cukup menguntungkan jika diperjualbelikan.

bisnis ikan cupang, ikan guppy,
bisnis ikan cupang, ikan guppy,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper