Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Menyusun Strategi Bisnis Hadapi Masa-masa Sulit

Kegiatan bisnis perlu melakukan evaluasi cermat kinerja dan merencanakan strategi masa depan secara efektif, guna memerangi peluang risiko yang muncul akibat pandemi.
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Organisasi di seluruh dunia sedang menyelaraskan kembali kegiatan mereka untuk memastikan kelangsungan bisnis yang mulus di masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini karena Covid-19.

Setiap orang bekerja untuk memastikan keseimbangan yang tepat antara situasi saat ini dan ambisi jangka panjang organisasi mereka.

Beberapa langkah dasar seperti memastikan remunerasi tepat waktu, mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam program pembelajaran dan pengembangan, dan menghasilkan kerangka kerja yang signifikan untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja, membantu karyawan tetap positif.

Kegiatan bisnis perlu melakukan evaluasi cermat kinerja saat ini, menetapkan tujuan untuk sisa tahun, dan merencanakan strategi masa depan guna secara efektif memerangi peluang risiko yang muncul akibat pandemi

Seperti dilansir melalui Entrepreneur, untuk menjaga stabilitas dan kontinuitas bisnis selama masa-masa sulit ini, pengusaha harus menerapkan empat strategi berikut sebagai prioritas utama:

  1. Menjamin keamanan karyawan.

Dengan jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat, baik pemberi kerja maupun karyawan perlu beradaptasi dengan kondisi normal baru. Saat melakukannya, semua norma keselamatan harus dipatuhi dengan ketat. Para pemimpin juga harus menjadi yang terdepan untuk membangun kepercayaan dalam diri karyawannya dan memprioritaskan kesejahteraan mereka.

  1. Menetapkan prioritas untuk masa depan.

Sebagian besar bisnis terdampak Covid-19 dari berbagai sisi. Pada situasi ini pengusaha harus menetapkan prioritas yang tepat untuk masa depan dan berbagi visi dengan karyawan untuk upaya kolaboratif dalam mencapai tujuan bisnis. Kumpulan gagasan akan membantu karyawan untuk memetakan kemajuan mereka dan membantu bisnis mengimbangi kerugian tahun ini pada 2021.

  1. Memahami dampak pandemi terhadap bisnis secara keseluruhan.

Meskipun ini adalah masa-masa sulit dan setiap organisasi berusaha mengejar pertumbuhan, sangatlah penting untuk memahami apa dampak keseluruhan dari pandemi terhadap kondisi bisnis. Setelah dampaknya dipahami dan didefinisikan dengan jelas, para pemimpin dapat memperoleh gambaran yang jelas untuk menetapkan arah yang tepat bagi seluruh organisasi.

Transparansi juga membuat karyawan merasa bertanggung jawab langsung atas pertumbuhan kumulatif dan membuka jalan bagi kelangsungan bisnis yang positif.

  1. Mendorong transformasi karyawan dan organisasi.

Pemimpin saat ini perlu lebih berbelas kasih dan menunjukkan lebih banyak empati terhadap karyawan. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahui lebih banyak tentang nilai, minat, hobi, kekuatan, dan motivasi karyawan mereka. Dengan demikian, organisasi dapat mendorong rasa memiliki dan memotivasi mereka untuk memberikan yang terbaik karena pertumbuhan bisnis berbanding lurus dengan pertumbuhan karyawannya. Menanamkan tanggung jawab membantu mengeluarkan yang terbaik dari karyawan karena mereka memiliki visibilitas langsung dalam perubahan yang mereka dorong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper