Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Solopreneur

Dilansir melalui Entrepreneur, berikut adalah beberapa tip penting yang akan membantu Anda membangun kebiasaan kerja yang baik dan mencapai lebih banyak target untuk bisnis Anda dalam waktu yang lebih singkat
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 16 September 2020  |  14:51 WIB
Ilustrasi solopreneur
Ilustrasi solopreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Baik Anda meninggalkan pekerjaan harian untuk terjun ke dalam memulai bisnis penuh waktu atau bisnis sampingan, Anda harus mahir dalam mengatur produktivitas.

Dilansir melalui Entrepreneur, berikut adalah beberapa tip penting yang akan membantu Anda membangun kebiasaan kerja yang baik dan mencapai lebih banyak target untuk bisnis Anda dalam waktu yang lebih singkat, sehingga menghasilka potensi profit untuk usaha solopreneur Anda.

1. Three-Minute Rule

Idenya adalah menyelesaikan tugas apa pun jika Anda dapat melakukannya dalam waktu kurang dari tiga menit.

Ini bisa terkait dengan pekerjaan atau kehidupan rumah Anda, seperti mengirim email, meletakkan pakaian di mesin cuci, membersihkan meja Anda, atau mengarsipkan sesuatu. Terapkan aturan ini untuk tugas apa pun yang perlu dilakukan - atau yang mengganggu pekerjaan Anda. Jika Anda membutuhkan waktu kurang dari tiga menit untuk menyelesaikannya, lakukan sekarang.

2. Sisihkan 10 Menit

Jika ada tugas atau proyek yang lebih penting di hadapan Anda, tetapi Anda menunda-nunda karena alasan apa pun, beri tahu diri Anda sendiri untuk memberi waktu 10 menit saja. Jika Anda seperti sebagian orang, Anda mungkin cenderung menghindari tugas yang menurut Anda rumit, memakan waktu lama, atau tidak suka Anda lakukan.

Meskipun Anda mungkin tidak menyelesaikan tugas besar dalam 10 menit, setidaknya dengan memulai Anda dapat mempertahankan momentum dan menyelesaikannya. Mungkin Anda pernah mendengar pepatah, "Well begun is half done.". Cukup dengan memulai sebuah proyek - terutama yang Anda takuti karena suatu alasan - membuatnya jauh lebih mudah untuk melanjutkan.

3. Sesuaikan Tugas dengan Energi

Meskipun setiap orang mendapatkan 24 jam yang sama dalam sehari, kualitas jam tersebut sangat bervariasi. Tingkat energi Anda sepanjang hari bergantung pada banyak faktor, termasuk siklus tidur dan bangun Anda, yang dikenal sebagai ritme sirkadian.

Perhatikan tubuh Anda dan perhatikan kapan Anda lelah dan kapan Anda paling waspada dan berpikir jernih. Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda mengalami penurunan energi pada waktu yang sama setiap hari. Kapan pun Anda paling waspada adalah saat Anda harus mengerjakan tugas prioritas. Jika itu bisnis Anda yang sedang berkembang, sisihkan sedikit waktu itu untuk fokus padanya.

4. Buat Seluruh Kegiatan Terjadwal

Jika Anda telah memetakan seluruh kegaitan dalam sehari, akan lebih mudah untuk tetap bekerja sesuai jadwal dan menghindari gangguan.

Beberapa orang bahkan mencantumkan kegiatan seperti mandi, membuang sampah dan bermedia sosial pada kalender harian mereka. Untuk mempermudah penjadwalan, Anda dapat menggunakan fungsi 'repeat activity' untuk menyiapkan tugas rutin yang tidak ingin Anda lupakan.

5. Delegasikan Tugas Non-Prioritas

Cara paling efektif untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah dengan mendelegasikan atau menyerahkan tugas yang dapat dilakukan orang lain dengan mudah. Melepaskan tugas tidaklah mudah, dan mungkin membuat Anda tidak nyaman tetapi Anda dapat mulai mendelegasikan secara perlahan.

Ingat juga bahwa dalam banyak kasus, menyelesaikan tugas bernilai rendah dengan cepat, tetapi tidak selalu sempurna, lebih baik daripada menumpuknya di piring Anda. Plus, membagi tugas menciptakan peluang bagi sesama pemilik bisnis Anda.

6. Berhenti Menjadi Orang yang Sibuk

Pernahkah Anda mendengar tentang hukum Parkinson? Sejarawan dan penulis angkatan laut Inggris Cyril Northcote Parkinson menulis pada tahun 1955, “Work expands so as to fill the time available for its completion.”

Pertimbangkan untuk menjadikannya screensaver komputer Anda atau menaruhnya di catatan tempel tempat Anda bekerja. Ini adalah pengingat yang bagus untuk berhenti membuat diri Anda sibuk dengan tugas-tugas yang tidak bernilai dan mulai melakukan pekerjaan yang penting.

Kiat-kiat ini dapat membantu Anda menyeimbangkan pekerjaan harian Anda dengan bisnis sampingan atau usaha solopreneur baru saat Anda meningkatkan skala dengan kecepatan penuh. Kehidupan solopreneur adalah kehidupan yang luar biasa. Anda hanya perlu belajar bagaimana memanfaatkan kekuatan produktivitas.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top