Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apakah Artificial Intelligence Jadi Investasi yang Tepat Untuk Bisnis Anda?

Untuk menciptakan bisnis yang stabil maka dibutuhkan kecerdasan buatan, guna memprediksi kinerja dan pemeliharaan infrastruktur.
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI

Bisnis.com, JAKARTA -- Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dengan cepat menjadi kebutuhan untuk bisnis dalam segala bentuk dan ukuran.

Dengan data dalam jumlah besar, segala jenis bisnis membutuhkan mesin cerdas yang dapat mengolah wawasan berharga. Kecerdasan Buatan memungkinkan manusia memahami data mentah, membaca polanya, dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa data di seluruh dunia akan tumbuh sebesar 61 persen menjadi 175 zettabytes pada tahun 2025. Ini dipicu oleh bisnis yang secara kolektif menghasilkan banyak data pelanggan.

Hampir tidak mungkin untuk memproses data ini secara manual, memahami perilakunya, dan memperoleh analitik dan wawasan. Tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkan semua data ini?

Jika Anda mempercayai apa yang ditunjukkan oleh studi, maka data akan menjadi faktor paling signifikan dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda.

Berikut adalah alasan mengapa Anda mungkin membutuhkan Kecerdasan Buatan untuk bisnis Anda di tahun 2020, seperti dikutip melalui Business 2 Community, Jumat (18/9/2020).

1. Memprediksi kinerja

Anda dapat memprediksi kinerja organisasi Anda dalam hal pemasaran, penjualan, dan pendapatan dengan bantuan Artificial Intelligence. Algoritme Pembelajaran Mesin di balik AI memproses ribuan titik data untuk memperkirakan hasil terbaik untuk operasi bisnis Anda.

2. Analisis perilaku

Sepertinya ajaib, tetapi solusi AI dapat membantu Anda menganalisis perilaku pelanggan Anda hingga Anda dapat mengidentifikasi apa yang akan menjadi pembelian mereka berikutnya. Konsumen saat ini memberikan poin data yang dapat membantu Anda mendaftarkan perilaku mereka dan membuat penawaran terkait.

3. Kecerdasan pemasaran

Pemasaran menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk bisnis Anda. Dengan AI, Anda dapat mengumpulkan intelijen pemasaran, memperkirakan anggaran, merancang kampanye berdasarkan wawasan cerdas, dan mendapatkan gambaran ROI yang akurat dari aktivitas pemasaran.

4. Pengurangan downtime

Anda memerlukan Kecerdasan Buatan untuk memprediksi kinerja dan pemeliharaan infrastruktur Anda. Itu dapat mendeteksi anomali dalam sistem dan memperingatkan Anda ketika tiba waktunya untuk meningkatkan atau mengganti komponen atau seluruh sistem itu sendiri.

5. Peningkatan produktivitas

Hasil akhir dari penerapan Artificial Intelligence adalah peningkatan drastis dalam produktivitas Anda. Lini produksi Anda akan terdiri dari mesin pintar yang memberikan hasil lebih baik daripada personel manusia. Ini sama untuk bisnis manufaktur dan bisnis berbasis layanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper