Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Inspirasi dari 5 Bisnis Fiksi di Acara Televisi

Tetaplah berpegang pada dasar-dasar bisnis, konsisten, dan lindungi resep rahasia Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 22 September 2020  |  14:18 WIB
Tips Bisnis - ilustrasi
Tips Bisnis - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Hanya karena bisnis tidak nyata bukan berarti ceritanya tidak dapat menginspirasi.

Tanpa beban benar-benar harus menghasilkan uang dengan konsep waralaba fiktif mereka, Hollywood telah menghadirkan kepada publik sejumlah brand berkesan yang menawarkan semua jenis wawasan.

Dilansir melalui Entrepreneur, mari kita lihat 5 bisnis kecil yang dibuat oleh beberapa penulis acara TV yang paling berjiwa wirausaha, termasuk pelajaran yang dapat mereka ajarkan kepada kita tentang menjalankan perusahaan yang hebat (atau setidaknya yang menghibur) di kehidupan nyata.

1. Los Pollos Hermanos (Breaking Bad, Better Call Saul)

Gus Fring (Giancarlo Esposito) dan timnya tahu cara mengolah dan berjualan ayam. Dengan banyak lokasi dan berbagai aliran pendapatan, LPH menawarkan produk yang membuat ketagihan.

Gus Fring memahami bahwa hal-hal kecil itu penting: makanan enak diantarkan dengan cepat di lingkungan yang bersih dan ramah. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi Los Pollos Hermanos melakukannya dengan baik. Plus, mereka melakukan "bisnis" lain.

Pelajaran Bisnis: Tetap berpegang pada dasar-dasar, konsisten, dan lindungi resep rahasia Anda.

2. Central Perk (Teman)

Central Perk bukan sembarang kedai kopi. Di sinilah anak-anak keren berkumpul. Dengan mug besar dan sofa yang nyaman, kafe ini layaknya ruang tamu untuk orang-orang di lingkungan sekitar. Satu-satunya hal yang lebih baik daripada minuman yang enak adalah suasana yang menyenangkan untuk menikmatinya, dan para barista tahu cara menyeduh minuman panas yang enak untuk pelanggan tanpa mengganggu.

Pelajaran Bisnis: Bangun bisnis Anda hingga menjadi destinasi prioritas dan cintai pelanggan Anda dari kejauhan.

3. Michael Scott Paper Company (The Office)

Mengelola kantor regional sebuah perusahaan kertas besar adalah satu hal. Tapi berupaya untuk mengalahkannya? Itulah jiwa kewirausahaan. Dunder Mifflin Paper Company, Inc.meremehkan manajer regional Scranton saat mereka mengusirnya. Mereka tidak pernah mengira Michael Scott akan menarik begitu banyak pelanggan dengan harga yang lebih murah. Meskipun setelahnya perusahaan Scott terancam bangkrut dan dia kembali ke perusahaan lama dengan jabatan managernya.

Pelajaran Bisnis: Bertahanlah dengan manajer terbaik Anda, bahkan jika mereka menciptakan guyon yang garing.

4. Motel Rosebud (Schitt's Creek)

Penginapan kecil di pinggir jalan ini membuktikan bahwa Anda tidak perlu menjadi besar, mewah, atau sibuk untuk bertahan dalam bisnis. Bahkan orang-orang canggih seperti keluarga Rose menemukan cara untuk membuat motel ini senyaman rumah.

Di bawah kepemimpinan Johnny Rose (Eugene Levy), tempat sedang naik daun, setelah memenangkan penghargaan di "The Hospies" untuk Layanan Pelanggan Terbaik dalam kategori Motel Under 20 Units. Mungkin tidak terlihat terlalu bagus di luar, tapi setidaknya Anda tidak tidur di mobil Anda.

Pelajaran Bisnis: Apa pun dapat menjadi lebih baik dengan roti kayu manis gratis.

5. Rumah Duka Fisher & Sons (Six Feet Under)

Bisnis pemakaman mungkin tidak terdengar terlalu hidup, tetapi ini adalah layanan tahan resesi yang pada akhirnya dibutuhkan semua orang. Dan jika Anda melakukannya seperti keluarga Fisher, Anda dapat menjalankannya dari rumah!

Drama keluarga terkadang membuat operasi tersandung, tetapi selalu ada aliran pelanggan yang stabil untuk menjaga bisnis kematian tetap hidup. Kadang-kadang mereka yang sudah wafat bahkan berbicara selama proses pembalseman, menawarkan kebijaksanaan untuk membantu para pemeran menavigasi pertanyaan dari kehidupan pribadi mereka.

Pelajaran Bisnis: Selalu dengarkan pelanggan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top