Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berpikir Layaknya Wirausaha

Menurut Forbes, setidaknya ada lima cara berpikir wirausaha yang dapat diindentifikasi dan mungkin diaplikasikan ole h para wirausahawan hebat lainnya.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 23 September 2020  |  12:56 WIB
Entrepreneur
Entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Wirausaha adalah orang-orang yang sangat spesifik, dari cara mereka berpikir, mengemukakan pendapat hingga merealisasikan mimpinya. Anda mungkin tahu sifat ini ketika bertemu dengan seorang wirausahawan.

Menurut Forbes, setidaknya ada lima cara berpikir wirausaha yang dapat diindentifikasi dan mungkin diaplikasikan ole h para wirausahawan hebat lainnya.

1. Fokus pada kontribusi unik

Pengusaha sejati mendefinisikan cara unik mereka berkontribusi pada dunia. Mereka tahu siapa mereka dan apa yang mereka perjuangkan. Mereka tidak hanya ingin sukses atau meninggalkan jejak, bagi mereka kewirausahaan lebih dari itu. Ini tentang kontribusi, tujuan, misi, dan memenuhi visi tentang apa yang mereka yakini. Mereka tidak peduli dengan meniru strategi untuk sukses seperti orang lain. Mereka ingin memetakan perjalan luar biasa mereka sendiri dan mencapai apa yang sebelumnya dianggap mustahil.

2. Selalu menyelesaikan masalah

Wirausahawan terus memecahkan masalah. Dari yang kecil; seperti tempat menyimpan sesuatu atau cara memperbaiki sesuatu, hingga yang besar seperti cara mengorbit bumi atau menyembuhkan penyakit atau membuat orang benar-benar bahagia. Rasa ingin tahu dan keinginan mereka untuk berkembang berlaku untuk semua hal yang mereka pikirkan.

3. Lindungi energi Anda

Para wirausahawan tahu bahwa energi mereka perlu dihabiskan dengan bijak, sehingga mereka sadar ketika energi itu terkuras secara tidak perlu. Mereka menghindrai drama, ketakutan berlebihan dan komentar negatig dari kepala mereka dengan segala cara.

Berpikirlah seperti seorang pengusaha dengan melindungi energi Anda dan tidak menyia-nyiakannya. Jaga agar tetap tersalurkan ke dalam pekerjaan Anda, tim Anda dan kemajuan Anda.

4. Melatih ketekunan

Pengusaha tidak berharap mendengar "ya" pada tawaran pertama mereka. Mereka tahu dunia tidak berhutang apa-apa kepada mereka dan dunia tidak peduli. Sebaliknya, mereka fokus untuk menonjol, membuat kesan dan tidak akan menyerah tanpa berhasil. Mereka tidak memberi alasan atau menebak-nebak, mereka membuat agar bekerja dengan mereka bukan pekerjaan yang sulit.

5. Berkomitmen penuh untuk tujuan Anda

Pengusaha yang paling efektif tidak akan bertele-tele. Mereka tidak mengabaikan panggilan mereka karena terlibat dalam proyek sampingan. Kewirausahaan bukan tentang menghasilkan uang dengan cepat atau oportunisme acak.

Berpikirlah seperti seorang wirausahawan dan lihat karier Anda naik ke level baru.

Anda dapat mengakses tujuan dan produktivitas tingkat lanjut setelah menemukan cara unik untuk berkontribusi, menjaga perspektif, dan berkomitmen untuk menghasilkan hasil yang sangat baik secara konsisten dalam skala besar.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top