Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Tips Pemasaran Bisnis Kecil yang Inovatif

Memasarkan bisnis kecil Anda tidak perlu mahal. Dengan investasi kecil dalam waktu untuk mempromosikan bisnis dan meningkatkan bisnis Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  23:34 WIB
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda perlu memberi tahu orang-orang apa yang Anda lakukan dan mengapa mereka harus menjadi pelanggan Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pemasaran yang baik.

Memasarkan bisnis kecil Anda tidak perlu mahal. Dengan investasi kecil dalam waktu untuk mempromosikan bisnis dan meningkatkan bisnis Anda.

Sebagian besar bisnis kecil menggunakan media sosial dan pemasaran email untuk membantu mendorong minat pada merek mereka. Tetapi ada banyak taktik lain yang dapat Anda gunakan yang akan mendorong bisnis kecil Anda unggul di antara persaingan yang ada.

Berikut ini beberapa cara inovatif untuk terlibat dalam pemasaran bisnis kecil, seperti dikutip melalui Business 2 Community, Rabu (14/10).

1. Tentukan dan Bagikan Pesan Anda

Untuk bisnis kecil, penting untuk mengetahui apa pesan dari bisnis Anda dan bagaimana Anda membagikannya kepada audiens. Pemasaran bisnis kecil bergantung pada merek yang ditentukan dan memastikan orang memahaminya.

Bagaimana Anda menceritakan kisah merek Anda itu penting. Anda menginginkan cerita yang otentik. Hal ini mempermudah konsumen Anda untuk terhubung dan terlibat dengan produk atau layanan Anda.

Jadikan cerita merek Anda sesuatu yang dapat diingat orang. Ini berarti mereka lebih cenderung memikirkan Anda dan bisnis kecil Anda ketika mereka membutuhkan layanan yang Anda berikan.

2. Berinteraksi dengan Komunitas Anda

Bisnis kecil merupakan bagian integral dari komunitas lokal. Terlibat dengan komunitas itu adalah bagian penting dari pemasaran bisnis kecil. Jika Anda aktif di komunitas sekitar, bisnis kecil Anda akan berkembang pesat.

Dukung organisasi nirlaba lokal. Bicaralah dengan para pemimpin bisnis dan pemimpin komunitas untuk membantu menyebarkan berita tentang bisnis Anda.

Komunitas Anda juga melampaui area geografis. Ini juga mencakup bisnis lain yang terlibat di sektor Anda. Misalnya, jika Anda adalah sumber media yang meliput apa yang dilakukan bisnis kecil Anda, bantu mereka dengan informasi dan cerita.

3. Lakukan Analisis.

Menganalisis pemasaran bisnis kecil Anda adalah sesuatu yang harus Anda lakukan secara teratur. Gunakan Google Analytics dan layanan lain untuk melihat kinerja Anda. Periksa tarif terbuka dan rasio klik-tayang di email Anda. Lihatlah keterlibatan dan ROI yang Anda dapatkan di media sosial dan kampanye email Anda.

Minta masukan dari orang lain sehingga Anda dapat menyesuaikan apa yang Anda lakukan. Ubah pesan sedikit untuk memanfaatkan istilah pencarian. Habiskan lebih banyak waktu dan uang pada platform yang paling banyak terlibat.

4. Gunakan Video.

Video kini menjadi cara yang disukai orang-orang untuk mengetahui tentang bisnis kecil. Pelanggan Anda ingin mengetahui tentang Anda dan produk Anda dengan cara yang mudah. Video menawarkan hal itu.

Seperti cerita sebuah brand, pastikan video Anda orisinil. Jaga agar video tetap pendek dan relevan. Anda akan segera kehilangan minat pelanggan jika video Anda terasa seperti alat penjualan. Tunjukkan sisi pribadi dari apa yang Anda lakukan. Gunakan video untuk berbagi keahlian dan ide yang dapat dimanfaatkan pelanggan Anda.

5. Pastikan Kecepatan Website Anda.

Situs web Anda adalah salah satu bagian terpenting dari pemasaran bisnis kecil. Pertama-tama, pastikan Anda memiliki situs web. Mengandalkan hanya pada halaman Facebook akan membuat Anda kehilangan pelanggan.

Selalu perbarui situs web Anda. Pastikan Anda memposting konten baru secara teratur. Jika ada perubahan pada perusahaan Anda, tempatkan ini di situs web sehingga orang tidak menemukan layanan atau produk yang tidak Anda tawarkan lagi.

6. Berinvestasi di Media Sosial.

Sebagian besar bisnis kecil tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan untuk pemasaran. Tetapi sebagian besar memiliki waktu sebagai sumber daya yang dapat mereka gunakan. Di situlah media sosial berperan.

Pemasaran media sosial efektif dan murah. Ini adalah cara yang bagus untuk membagikan apa yang Anda lakukan. Ini memungkinkan Anda untuk menjadi bagian dari komunitas lokal Anda dan komunitas industri Anda. Lakukan riset agar Anda tahu di mana kemungkinan besar Anda akan menemukan pelanggan di media sosial. Kemudian manfaatkan cerita dan suara merek Anda sehingga Anda memiliki kehadiran yang autentik dan menarik.

Posting konten secara teratur. Gunakan hashtag yang relevan untuk memastikan Anda menemukan audiens Anda. Gunakan media sosial Anda untuk mendorong orang ke situs web Anda.

7. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Pendidikan adalah salah satu cara utama bisnis kecil dapat meningkatkan pemasarannya. Anda harus tetap mengikuti perubahan dan tren di sektor bisnis Anda, tetapi juga dalam cara Anda memasarkan layanan Anda.

Ada banyak sumber daring gratis yang dapat Anda gunakan untuk mendidik diri sendiri. Mendaftar untuk buletin pemasaran. Ikuti pakar pemasaran bisnis kecil di media sosial.

Baca artikel tentang perubahan terbaru dalam praktik terbaik untuk pemasaran. Berinvestasi pada diri sendiri akan membuahkan hasil dalam upaya pemasaran Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top